Selasa 19 Dec 2023 16:20 WIB

Pasokan Air di Bumi Kian Menipis Dampak dari Perubahan Iklim

Kelangkaan air akan menyebabkan perpindahan manusia dan kemiskinan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kelangkaan air dapat menyebabkan perpindahan manusia dan kemiskinan.
Foto: www.freepik.com
Kelangkaan air dapat menyebabkan perpindahan manusia dan kemiskinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air yang aman termasuk pada hak asasi manusia dan sangat penting bagi kesehatan, baik untuk minum, produksi makanan, maupun kebersihan. Namun, air juga merupakan sumber daya yang terbatas. Hanya sekitar tiga persen air di bumi yang merupakan air tawar, yang sebagian besar berada di gletser beku, lapisan es, atau di bawah tanah.

Karena perubahan iklim mempercepat frekuensi kejadian cuaca ekstrem dan suhu yang lebih tinggi, pasokan air tawar kita semakin berkurang dan risiko terhadap kesehatan manusia semakin besar. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa dunia kehabisan air. Dari meningkatnya populasi yang menuntut lebih banyak makanan dan energi, hingga penggunaan ekstensif di bidang pertanian dan industri - tekanan terhadap air meningkat.

Baca Juga

Kelangkaan air dapat menyebabkan perpindahan manusia dan kemiskinan. Air yang terkontaminasi juga dapat menularkan penyakit seperti diare, kolera, dan polio. Bagi jutaan perempuan dan anak-anak, tekanan fisik untuk berjalan kaki hingga 12 kilometer per hari untuk mengambil air membahayakan kesehatan mereka.

 

Bagaimana kekurangan air global mempengaruhi kesehatan masyarakat?

Di California, kekeringan yang dahsyat dan suhu yang melonjak telah mempengaruhi siklus air. Peristiwa cuaca ekstrem ini telah menyebabkan penguapan yang lebih besar dan mengubah pola curah hujan. Negara bagian AS ini mengalami tiga tahun terkering dalam catatan antara tahun 2019 dan 2022.

Sementara badai besar pada tahun 2023 mengisi waduk yang sebelumnya telah habis, cadangan air tanah tetap sangat rendah. Saat ini, hampir satu juta warga California terdampak oleh kegagalan sistem air.

Sebagian besar kota telah melakukan investasi untuk mendiversifikasi pasokan air dan memperluas upaya konservasi, tetapi masyarakat pedesaan yang lebih kecil yang mengandalkan sumur semakin rentan. Banyak warga California mengandalkan air minum yang mungkin mengandung kontaminan kimia. Kekeringan dapat meningkatkan kontaminan ini lebih lanjut, sementara kerusakan pada peralatan sumur dapat menambahkan bahan kimia beracun ke dalam air.

Air yang berubah-ubah sudah membahayakan kesehatan masyarakat. Sebagai contoh, setelah kebakaran hutan di Butte County pada 2018, kontaminasi bahan kimia pada sistem air minum mengakibatkan risiko kesehatan dan pembatasan penggunaan air. Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 200 rumah tangga setelah kebakaran, 54 persen melaporkan sendiri bahwa setidaknya satu anggota rumah tangga mereka mengalami kecemasan, stres, atau depresi sehubungan dengan mengamankan air yang aman dan masalah kontaminasi.

Di sisi lain, warga Kenya menghadapi kekurangan air yang lebih besar lagi terkait iklim dan risiko kesehatan parah yang menyertainya. Kenya menyumbang kurang dari 0,1 persen emisi gas rumah kaca global setiap tahunnya, namun seperti halnya negara-negara dengan tingkat emisi rendah lainnya, negara ini juga terkena dampak yang tidak proporsional dari dampak krisis iklim.

Kekeringan yang meluas telah menyebabkan kerawanan pangan yang ekstrem. Ngawosa Eregai, seorang Petugas Kesehatan Masyarakat di Turkana County, mengatakan bahwa tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah kekurangan air.

“Empat atau lima orang harus menggunakan tangan mereka untuk menggali lubang yang dalam di tanah di mana sungai-sungai dulunya berada untuk mendapatkan air. Kami minum air ini karena kami tidak punya pilihan lain,” kata Ngawasa seperti dilansir Phys, Selasa (19/12/2023).

Bagi Esther Elaar, yang mengambil dan membawa air untuk keluarganya setiap hari, berjalan kaki selama empat jam untuk menyediakan air bersih bagi kebutuhan keluarga. Ini tentu sangat membebani kesehatan fisiknya. “Seluruh tubuh saya terasa pegal-pegal. Saya biasanya membawa 20 liter air sekaligus karena titik airnya jauh,” kata dia.

Perjalanan yang panjang dan panas untuk mendapatkan air berdampak pada ibu hamil seperti Ester. Bayi mereka sekarat sebelum dilahirkan.

"Saat membawa air, saya merasakan bayi di dalam rahim saya bergerak. Banyak wanita yang keguguran di daerah ini saat pergi mencari air,” kata Esther.

 

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah penurunan kualitas air tawar?

Perlu ada penerapan strategi seperti konservasi air dan pemulihan ekosistem air tawar seperti lahan basah. Untuk mencapai hal tersebut, kita membutuhkan tindakan politik yang besar, investasi keuangan yang lebih besar, dan pendekatan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Sebuah lembaga nirlaba yang berfokus pada penelitian kesehatan yang berbasis di London, Wellcome Trust, misalnya telah bekerja sama dengan pihak-pihak yang paling terdampak perubahan iklim untuk mendukung penelitian, alat, dan sumber daya yang penting. “Jika kita bertindak secara kolektif untuk melawan perubahan iklim, kita dapat melindungi air dan kesehatan kita,” kata Simge Eva Dogan dari Wellcome Trust.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement