Jumat 22 Dec 2023 13:50 WIB

Inggris akan Terapkan Pajak Karbon Baja Hingga Semen

Inggris ingin memastikan perusahaan berinvestasi dalam produksi ramah lingkungan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pemerintah Inggris akan memberlakukan pajak karbon atas impor produk seperti baja, pupuk, kaca, dan semen mulai tahun 2027.
Foto: Freepik
Pemerintah Inggris akan memberlakukan pajak karbon atas impor produk seperti baja, pupuk, kaca, dan semen mulai tahun 2027.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Inggris akan memberlakukan pajak karbon atas impor produk seperti baja, pupuk, kaca, dan semen mulai tahun 2027. Kebijakan ini digagas untuk memastikan perusahaan-perusahaan Inggris yang berinvestasi dalam produksi yang lebih ramah lingkungan, tidak dirugikan secara kompetitif.

Menurut pernyataan Departemen Keuangan Inggris, pajak perbatasan karbon itu rencananya akan dikenakan pada produk-produk yang dibawa dari negara-negara dengan pungutan karbon yang lebih rendah atau tanpa pungutan karbon.

Baca Juga

“Impor dari industri-industri dengan tingkat polusi tinggi dan padat energi akan dikenakan pajak yang disebut sebagai cross-border adjustment mechanism (CBAM),” demikian kata Departemen Keuangan seperti dilansir Sky News, Jumat (22/12/2023).

Kebijakan ini juga bertujuan untuk mengatasi “Carbon Leakage”. Ini adalah kondisi ketika perusahaan-perusahaan dengan emisi tinggi memindahkan produksinya ke luar negeri, untuk menghindari pembayaran kredit karbon dan kebijakan yang lebih ketat di negara-negara yang memiliki mandat pengurangan emisi.