Golkar Tegaskan Komitmen Kawal Hilirisasi industri

Hilirisasi silika membutuhkan ekosistem yang lengkap.

Selasa , 26 Dec 2023, 15:41 WIB
Anggota Fraksi Partai Golkar di DPR, Ravindra Airlangga.
Foto: dok pribadi
Anggota Fraksi Partai Golkar di DPR, Ravindra Airlangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Politikus Partai Golkar Ravindra Airlangga menegaskan bahwa partainya berkomitmen mengawal program ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menuju Indonesia Emas 2045, salah satunya terkait program hilirisasi industri.

“Program pembangunan harus terus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Partai Golkar siap menjaga ketersinambungan tersebut," ujar Ravindra dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa (27/12/2023).

Baca Juga

Ravindra menuturkan bahwa yang telah dimulai oleh Presiden Jokowi harus dilanjutkan agar pembangunan tetap pada jalur yang tepat. Menurutnya, titik akhir dari seluruh program ekonomi Jokowi adalah masyarakat yang makmur, maju, sejahtera, dan menjadi negara bermartabat.

Secara visi, sambung dia, Partai Golkar selaras dengan Jokowi. Oleh karena itu, Partai Golkar akan terus konsisten mendorong hilirisasi industri agar masyarakat Indonesia menerima imbal balik dari produk yang lebih bernilai tinggi.

Dijelaskan dia, salah satu contoh konsistensi tersebut adalah terkait global value chain atau rantai nilai global pada bidang mineral non logam, seperti silika.

Silika, ucap Ravindra, dapat dihilirisasi menjadi wafer silikon berbasis solar grade silicon (SGS) dan electronic grade silicon (EGS). Dua produk ini merupakan bahan untuk industri masa depan, yakni tenaga surya dan semikonduktor.

Menurut dia, hilirisasi silika membutuhkan ekosistem yang lengkap, baik dari segi sumber daya manusia (SDM), material, fasilitas pengolahan, dan dukungan investasi.

Sumber : Antara