Rabu 27 Dec 2023 23:23 WIB

Warga Pulau Buluh Kepulauan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam  

PLN terus berupaya menghadirkan listrik yang andal dan merata.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi listrik PLN.
Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Ilustrasi listrik PLN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang pergantian tahun, warga Pulau Buluh Kepulauan Riau kini bisa menikmati listrik 24 jam. Hal ini setelah PLN berhasil mengoperasikan saluran kabel laut tegangan menengah 20 kilovolt (kV) interkoneksi Batam–Pulau Buluh sekaligus program dedieselisasi untuk menonaktifkan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang menjadi sumber pasokan listrik di Pulau Buluh. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN terus berupaya menghadirkan listrik yang andal dan merata hingga ke daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Baca Juga

“Ini merupakan salah satu bentuk kehadiran PLN sebagai bagian dari Negara dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menghadirkan listrik yang andal untuk menyejahterakan masyarakat," ucap Darmawan. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau, Agung Murdifi menjelaskan, pasokan listrik yang sebelumnya disuplai dari PLTD kini telah beralih kepada pasokan dari sistem grid PLN yang lebih andal dan berkualitas.

“Dengan sistem interkoneksi ini, PLN semakin mantap untuk menonaktifkan pembangkit listrik berbahan bakar minyak yang ada di Pulau Buluh. Pengoperasian sistem ini sejalan dengan komitmen PLN dalam mendukung program net zero emissions pada tahun 2060 mendatang,” ujar Agung.

Agung menambahkan, pengoperasian kabel laut ini diharapkan tak hanya mampu meningkatkan keandalan listrik, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Pulau Buluh.

“Beroperasinya kabel listrik sepanjang 1,16 kilometer ini akan membawa angin segar bagi pertumbuhan ekonomi di Pulau Buluh. Potensi pertumbuhan ekonomi di sektor usaha skala kecil, menengah hingga besar tidak perlu khawatir lagi mengenai kebutuhan listrik yang andal untuk keberlangsungan proses produksinya,” ujar Agung.

Zaleha (51 tahun), salah satu ibu rumah tangga di Pulau Buluh mengucapkan syukur atas beroperasinya saluran kabel laut yang menghubungkan sistem kelistrikan batam dan Pulau Buluh.

“Dulu kami hanya menikmati listrik selama 14 jam per harinya, yaitu mulai pukul 17.00 sore hingga pukul 07.00 pagi, tetapi sekarang listrik sudah menyala 24 jam. Terima kasih kepada PLN yang telah mewujudkan listrik 24 jam di daerah kami,” kata Zaleha.

Hal serupa juga disampaikan Dayang (40), warga Pulau Buluh yang sehari-harinya bekerja sebagai pedagang, ia menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah dan PLN kepada masyarakat.

“Selama ini kami tak pernah merasakan listrik 24 jam, tapi sekarang listrik PLN terus menyala siang dan malam tanpa henti. Terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah dan PLN yang telah mewujudkannya,” ucap Dayang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement