Rabu 03 Jan 2024 21:55 WIB

Mitigasi Perubahan Iklim Bisa Efektif, Begini Penjelasan Ahli

Perubahan di seluruh lapisan masyarakat diperlukan untuk mitigasi perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perubahan diperlukan di seluruh lapisan masyarakat, jika ingin memitigasi perubahan iklim secara efektif.
Foto: www.freepik.com
Perubahan diperlukan di seluruh lapisan masyarakat, jika ingin memitigasi perubahan iklim secara efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah laporan yang diterbitkan di jurnal Nature Climate Change, para peneliti berpendapat bahwa mengatasi ketidaksetaraan sangat penting dalam menggerakkan dunia menuju Net-Zero. Pasalnya, ketidaksetaraan membatasi siapapun untuk mengadopsi perilaku rendah karbon.

Para peneliti dari University of Cambridge mengatakan bahwa perubahan diperlukan di seluruh lapisan masyarakat, jika ingin memitigasi perubahan iklim secara efektif. Meskipun orang kaya memiliki jejak karbon yang sangat besar, mereka sering kali memiliki sarana untuk mengurangi jejak karbon dengan lebih mudah daripada mereka yang berpenghasilan lebih rendah.

Baca Juga

Laporan ini mendefinisikan ketidaksetaraan dalam berbagai cara termasuk dalam hal kekayaan dan pendapatan, pengaruh politik, waktu luang, dan akses terhadap pilihan rendah karbon seperti transportasi umum dan subsidi insulasi perumahan.

"Semakin banyak yang mengakui bahwa ada ketidaksetaraan dalam hal siapa yang menyebabkan perubahan iklim dan siapa yang menderita akibatnya, namun masih sedikit perhatian yang diberikan pada dampak ketidaksetaraan dalam mengubah perilaku untuk mengurangi emisi karbon," kata Charlotte Kukowski, peneliti utama sekaligus peneliti pascadoktoral di Departemen Psikologi dan Zoologi di University of Cambridge.