Jumat 12 Jan 2024 15:58 WIB

Jumlah Salju Menyusut Dampak dari Perubahan Iklim

Manusia bertanggung jawab atas menurunnya lapisan salju.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Seorang wanita berjalan di jalanan yang tertutup salju di Ville d Avray, Paris.
Foto: AP Photo/Christophe Ena
Seorang wanita berjalan di jalanan yang tertutup salju di Ville d Avray, Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daerah aliran sungai di seluruh dunia yang dulunya selalu bersalju semakin mengalami penyusutan lapisan salju, dan perubahan iklim menjadi penyebabnya. Demikian merujuk pada hasil studi baru yang dipublikasikan di jurnal Nature.

Para peneliti yang telah menganalisa jumlah salju sejak tahun 1981, dan menyimpulkan bahwa banyak daerah aliran sungai terpadat di dunia berada di ambang batas penurunan salju yang ekstrem. Studi ini juga menemukan ambang batas utama untuk masa depan tumpukan salju di Belahan Bumi Utara, yakni pada suhu minus 8 derajat Celcius.

Baca Juga

Di daerah yang rata-rata suhu musim dinginnya lebih dingin dari itu, tumpukan salju sering kali bertahan karena cukup dingin. Namun, daerah yang lebih hangat dari minus 8 derajat Celcius untuk rata-rata musim dingin akan melihat pencairan salju ekstrem.

"Kita berpotensi hidup di zaman di mana pemanasan global akan mempercepat kerugian,” kata penulis utama Alexander Gottlieb, seorang ilmuwan sistem bumi di Dartmouth College seperti dilansir AP, Jumat (12/1/2024).

Sebagian besar penelitian sebelumnya telah meneliti tutupan salju, yang merupakan pengukuran sederhana apakah tanah memiliki salju atau tidak. Penelitian terbaru ini meneliti tumpukan salju, pengukuran yang lebih menyeluruh yang mencakup kedalaman dan jumlah, pada puncak umumnya di bulan Maret. Lapisan salju musim semi sangat penting untuk menyediakan pasokan air minum dan irigasi bagi miliaran orang, dan pencairan salju yang lebih besar dan lebih awal dapat menyebabkan masalah.

Ilmuwan sistem bumi dari University of New Hampshire, Elizabeth Burakowski, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa manusia bertanggung jawab atas menurunnya lapisan salju di puluhan daerah aliran sungai di seluruh belahan bumi utara. Dengan kata lain, pencairan salju akan semakin cepat dengan meningkatnya suhu panas.

"Studi ini menunjukkan bahwa masa depan salju kita bergantung pada cara yang kita ambil untuk mengatasi iklim," kata Burakowski

Gottlieb dan ilmuwan iklim Dartmouth, Justin Mankin, meneliti 169 daerah aliran sungai di belahan bumi utara dan menemukan tren penurunan yang signifikan selama 40 tahun pada 70 daerah aliran sungai, tren peningkatan pada lusinan daerah aliran sungai, dan tidak ada tren pada daerah aliran sungai lainnya.

Pada 23 tumpukan salju yang menyusut tersebut, Mankin dan Gottlieb, dengan menggunakan variasi teknik ilmiah standar, dapat menunjukkan bahwa perubahan iklim jelas berkontribusi terhadap pencairan. Di delapan daerah aliran sungai di Siberia timur, mereka menemukan bahwa perubahan iklim membantu pembentukan lapisan salju karena curah hujan meningkat namun suhu tetap cukup dingin untuk melestarikannya.

Eropa dan Amerika Utara mengalami kehilangan lapisan salju musim semi terbesar, mereka menemukan, termasuk di Great Salt Lake, Merrimack, Connecticut, Susquehanna, Hudson, Delaware, Neva, Vistula, Dnieper, Don, dan lembah sungai Danube.

Menurut Gottlieb, contoh kasus paling nyata dari penyusutan lapisan salju bisa dilihat di hulu lembah Sungai Colorado dan sebagian Wyoming. Di sana, suhu musim dingin rata-rata sekitar minus 5 derajat Celcius, dan tampaknya cukup dingin untuk salju karena berada di bawah titik beku, tetapi sebenarnya tidak.

"Ini adalah tempat di mana kita mulai melihat percepatan kerugian. Kami melihat gambaran yang sangat jelas tentang hilangnya salju hutan akibat antropogenik selama sekitar 40 tahun terakhir,” tegas Gottlieb.

Gottlieb dan Mankin mendokumentasikan sidik jari pemanasan yang disebabkan oleh manusia dengan menggunakan metode atribusi iklim, untuk membandingkan apa yang terjadi dalam 40 tahun terakhir di dunia yang mengalami pemanasan dengan ribuan model komputer yang menunjukkan apa yang akan terjadi pada daerah aliran sungai di planet fiksi tanpa perubahan iklim.

“Tempat-tempat yang lebih dingin dari minus 8 derajat Celcius menyumbang 81 persen dari lapisan salju di belahan bumi utara, namun tidak menampung banyak orang, hanya 570 juta orang. Lebih dari 2 miliar orang tinggal di daerah dengan suhu musim dingin antara -8 dan nol derajat Celcius,” kata Mankin.

Waleed Abdalati, mantan kepala ilmuwan NASA yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa ambang batas minus 8 derajat Celcius memberi tahu kita dengan jelas seberapa besar risiko yang dihadapi dunia, akibat pemanasan global.

Industri ski telah lama menjadi contoh yang mudah dimengerti tentang dampak kerugian ekonomi akibat kurangnya salju. Banyak area ski yang menunggu dengan cemas setiap tahun agar alam membawa cukup banyak salju untuk menjalankan lift mereka. Yang lainnya tutup sama sekali setelah musimnya terlalu pendek.

Pegunungan yang dikelola perusahaan yang lebih besar, seperti Aspen Snowmass di Colorado, dapat beroperasi secara konsisten meskipun salju berkurang dan musim dingin yang lebih pendek.

"Hari buka dan tutup tetap konstan karena pembuatan salju, yang menunjukkan betapa pentingnya hal tersebut," kata Auden Schendler, wakil presiden senior keberlanjutan di Aspen One, perusahaan induk Aspen Skiing Company.

Mereka juga berinvestasi untuk membangun lintasan ski baru di tempat yang lebih tinggi di mana salju lebih dapat diandalkan daripada di pangkalan, sehingga melindungi mereka dari kerugian ekonomi yang besar - untuk saat ini.

"Hal ini sama sekali tidak mengurangi urgensi dari kebutuhan untuk bertindak dengan kekuatan dan dalam skala besar," kata Schendler. Aspen Snowmass adalah salah satu dari segelintir area ski yang merangkul aktivisme iklim sebagai standar industri baru, menyadari kebutuhan mendesak untuk melobi kebijakan ramah iklim jika mereka ingin bertahan di masa depan yang semakin panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement