Kamis 18 Jan 2024 07:35 WIB

Ilmuwan Temukan Empat Faktor Pemicu Suhu dan Iklim Ekstrem pada 2023

Hasil penelitian temukan sejumlah faktor penyebab suhu panas dan iklim ekstrem.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Para peneliti melakukan analisis yang cukup komprehensif dan menemukan empat faktor pendorong bencana panas dan iklim ekstrem pada 2023.
Foto: www.freepik.com
Para peneliti melakukan analisis yang cukup komprehensif dan menemukan empat faktor pendorong bencana panas dan iklim ekstrem pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Antara suhu panas global yang memecahkan rekor dan hujan lebat yang ekstrem, sulit untuk mengabaikan bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dengan bumi ini. Dan aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan iklim memiliki peranan besar dalam hal ini.

Gelombang panas selama berpekan-pekan yang dimulai pada Juni 2023 di Texas, Barat Daya AS, dan Meksiko hampir tidak mungkin terjadi tanpa perubahan iklim, demikian hasil sebuah penelitian. Aktivitas manusia juga telah meningkatkan suhu rata-rata sekitar 0,1 derajat Celcius per dekade. 

Baca Juga

Untuk memberikan gambaran yang lebih utuh, Profesor Ilmu Bumi dan Planet di Washington University, Michael E Wysession telah melakukan analisis yang cukup komprehensif dan menemukan empat faktor pendorong bencana panas dan iklim ekstrem pada 2023. Berikut uraiannya seperti dilansir dari Phys, Kamis (18/1/2024),

1. El Nino