Rabu 24 Jan 2024 14:30 WIB

Sungai di AS Tercemar Nutrien, Dampak dari Perubahan Iklim

Pencemaran sungai di AS akan sulit dikendalikan karena perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sungai dan daerah aliran sungai di Amerika Serikat masih tetap tercemar oleh nutrien (zat hara).
Foto: AP/Edmar Barros
Sungai dan daerah aliran sungai di Amerika Serikat masih tetap tercemar oleh nutrien (zat hara).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sungai dan daerah aliran sungai di Amerika Serikat masih tetap tercemar oleh nutrien (zat hara) yang mengkontaminasi air minum dan memicu zona mati raksasa bagi kehidupan akuatik di Teluk Meksiko. Hal ini diungkap dalam sebuah penilaian terbaru dari Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA).

Ini adalah masalah rumit yang terkonsentrasi di daerah pertanian yang mengalir ke Sungai Mississipi. Menurut temuan EPA, lebih dari separuh daerah aliran sungai dan sungai berada dalam kondisi yang buruk akibat nitrogen dan fosfor dari pupuk mencemari saluran air. Selama beberapa dekade, pejabat federal dan negara bagian telah berjuang untuk mengendalikan limpasan pertanian, sumber polusi nutrien terbesar yang biasanya tidak diatur secara federal.

Baca Juga

Ini adalah masalah yang diperkirakan akan semakin sulit dikendalikan karena perubahan iklim menghasilkan badai yang lebih kuat, yang mencurahkan hujan di Midwest dan Selatan. Hujan deras tersebut membanjiri ladang pertanian, menghanyutkan pupuk komersial dan membawanya ke sungai-sungai terdekat.

"Sangat mengkhawatirkan bahwa kita jelas tidak mencapai tujuan yang telah kita tetapkan untuk wilayah kita sendiri," kata Olivia Dorothy, direktur restorasi sungai dari kelompok konservasi American Rivers, seperti dilansir AP pada Rabu (24/1/2024).