REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bluebird berkomitmen mengurangi hingga 50 persen emisi karbon dan limbah operasional pada 2030. Itu tercakup dalam Visi Keberlanjutan 50:30 yang dicanangkan perusahaan.
Guna mencapai visi tersebut, Bluebird melakukan berbagai inisiatif melalui tiga pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps. BlueSky merupakan komitmen terhadap lingkungan, BlueLife merupakan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, dan BlueCorps komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.
Meski diluncurkan pada 2022, tapi Bluebird telah menjalankan inisiatif keberlanjutan jauh sebelum itu. Direktur Utama PT Bluebird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, sejak perusahaan didirikan pada 1972, Bluebird telah memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial.
"Nilai ini yang melandasi kami meluncurkan Visi Keberlanjutan 50:30 dua tahun lalu. Sudah banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk mendukung tercapainya visi tersebut," ujarnya dalam Media Gathering di Jakarta, Kamis (25/1/2024).
Bluebird, lanjutnya, telah mencatatkan capaian positif dalam perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun tata kelola perusahaan. Pada pilar BlueSky, hingga saat ini Bluebird telah mengoperasikan lebih dari 200 armada taksi listrik, 3.200 armada CNG, serta menggunakan panel surya sebagai alternatif energi bersih.
Hasilnya, selama 2023 penggunaan armada listrik telah berhasil mengurangi hingga 2.600 ton emisi karbon, armada CNG mengurangi hingga 24.800 ton emisi karbon, dan panel surya mengurangi hingga sebanyak 48,3 ton emisi karbon. Bluebird juga mengimplementasikan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle), pengemudi dan karyawan wajib menggunakan botol minum isi ulang dengan proyeksi pengurangan sampah plastik sekali pakai hingga satu juta ton selama 2023.
Sedangkan untuk pilar BlueLife, Bluebird telah membantu meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada lebih dari 38 ribu anak pengemudi berprestasi. Lalu memberdayakan 1.000 lebih istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird yang membuka kelas memasak, menjahit, dan make up, tujuannya memberikan kemampuan tambahan guna membantu kesejahteraan keluarga.
Bluebird juga terus meningkatkan rasio pengemudi dan karyawan perempuan hingga lebih dari 500 orang. Kemudian menggandeng pengusaha taksi lokal di Bandung dan Yogyakarta dengan mengoperasikan lebih dari 100 armada agar bisa bangkit dan terus tumbuh.
Sementara pada pilar BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang baik melalui transparansi dan akuntabilitas, Bluebird juga meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A. Komitmen Bluebird tersebut mendapatkan pengakuan publik melalui penghargaan yang diterima dari berbagai organisasi terpercaya.
Disebutkan, pada 2023 Bluebird meraih banyak penghargaan seperti perusahaan dengan transformasi bisnis terbaik. Juga penghargaan perusahaan yang mengembangkan dan mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik, serta perusahaan yang memiliki ekosistem dan inovasi digital. (Iit Septyaningsih)