Senin 12 Feb 2024 15:42 WIB

2 Hal Kunci Keselamatan

Keselamatan dunia dan akhirat merupakan harapan setiap insan.

Red: Erdy Nasrul
Berharap keselamatan.
Foto: Republika
Berharap keselamatan.

Oleh : Abu Hasan Mubarok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musibah merupakan bentuk ujian. Ketika seseorang mendapati suatu musibah, terkadang ada yang bisa berhasil dalam menjalani musibah, ada pula yang gagal. Bagi yang berhasil, dia akan naik ke level kehidupan berikutnya, sebaliknya, bagi yang gagal, dia akan tetap di level tersebut dan bahkan terperosok jauh ke bawah.

Tentu, setiap manusia menghendaki kesuksesan itu. Menginginkan mampu dan berhasil dalam menjalani ujian tersebut. Di dalam al qur’an surat al Hadid ayat 22, Allah swt berfirman:

Baca Juga

مَاۤ أَصَابَ مِن مُّصِیبَةࣲ فِی ٱلۡأَرۡضِ وَلَا فِیۤ أَنفُسِكُمۡ إِلَّا فِی كِتَـٰبࣲ مِّن قَبۡلِ أَن نَّبۡرَأَهَاۤۚ إِنَّ ذَ ٰ⁠لِكَ عَلَى ٱللَّهِ یَسِیرࣱ

Artinya: dan tidaklah suatu musibah yang ada di bumi dan pada diri kalian, melainakn telah tercatat/ditentukan di dalam kitab sebelum musibah itu terjadi. Bagi Allah, hal itu amatlah mudah.

Dari ayat di atas, jelas bahwa setiap peristiwa yang terjadi pada diri manusia atau di alam ini telah ditentukan dan ditetapkan oleh Sang Maha Pencipta, Allah swt sebelum peristiwa itu terjadi. 

Kalau musibah itu berasal dari Allah swt, sedangkan Allah swt itu Maha Menyelamatkan, tentu Allah swt telah memiliki rumus atau kunci agar kita selamat dari ujian/musibah tersebut. 

Disebutkan di dalam al qur’an surat al Imron ayat 120 yang berbunyi:

وَإِن تَصۡبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ لَا یَضُرُّكُمۡ كَیۡدُهُمۡ شَیۡـًٔاۗ

Artinya: dan jika kalian bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. 

Ayat ini menjadi kunci keberhasilan akan dua hal rumus dalam menghadapi ujian/musibah, yaitu kesabaran dan ketakwaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement