Jumat 23 Feb 2024 21:06 WIB

Es Menghilang di Puncak Gunung Afrika, Tanda Dampak Perubahan Iklim Dinilai Cukup Cepat

Mencairnya es di gunung Afrika menjadi indikator penting perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Gletser berada di puncak gunung Afrika mencair (ilustrasi).
Foto: AP/Mukhtar Khan
Gletser berada di puncak gunung Afrika mencair (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa gletser di Afrika telah lama menjadi indikator penting tentang seberapa cepat dan parahnya perubahan iklim mengubah planet kita. Es di puncak-puncak tinggi benua ini menghilang dengan cepat, dan Afrika mungkin akan kehilangan puncak-puncaknya yang putih pada pertengahan abad ini.

Mahasiswa magister di Institute of Geography di FAU, Anne Hinzmann, bersama dosen pembimbingnya, Prof Thomas Molg dan Prof Matthias Braun, telah mempublikasikan hasil penelitian mereka yang menunjukkan betapa cepatnya gletser-gletser di Afrika menyusut. Penelitian dipublikasikan dalam jurnal Environmental Research: Climate.

Baca Juga

Melalui studi tersebut, para peneliti berhasil menutup kesenjangan, di mana sebelumnya tidak ada data yang akurat. Luas gletser di Gunung Kenya setinggi 5.199 meter terakhir kali diukur pada tahun 2016, data yang sebanding mengenai Kilimanjaro setinggi 5.985 meter di Tanzania Utara hanya tersedia sejak tahun 2011, dan area gletser di Pegunungan Ruwenzori setinggi 5.109 meter di perbatasan Uganda dan Republik Demokratik Kongo belum pernah diukur sejak tahun 2005.

Ketiga wilayah glasial unik di Afrika ini sangat menarik karena terletak di tengah-tengah daerah tropis, tidak jauh dari khatulistiwa. Es hanya terbentuk di sana dalam keadaan alami karena puncak-puncaknya sangat tinggi, dan oleh karena itu berada di daerah yang dingin. Jika es di sana surut, hal ini tidak berkorelasi langsung dengan kenaikan suhu di daerah ini, tidak seperti yang terjadi, misalnya, di Pegunungan Alpen di Eropa.

Yang berubah di wilayah ini adalah curah hujan, seperti yang ditemukan beberapa tahun lalu oleh para peneliti termasuk Prof Molg. Di Afrika Timur, curah hujan turun terutama selama dua periode hujan dari bulan Oktober atau November hingga Desember, dan dari bulan Maret hingga Mei, sementara sebagian besar waktu lainnya tetap kering. Hanya sebagian kecil dari curah hujan yang turun pada periode hujan yang mencapai tingkat yang tinggi. Di sana, hujan turun sebagai salju.

Jika suhu rata-rata di dataran tinggi Kilimanjaro, Gunung Kenya, dan Pegunungan Ruwenzori tetap berada di bawah titik beku, salju ini akan tetap ada dan ditutupi dengan lapisan putih baru selambat-lambatnya pada periode hujan berikutnya.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak salju yang menekan lapisan yang lebih dalam, menekan lapisan terbawah menjadi es dan menyebabkan gletser terbentuk. Jika curah hujan berkurang, es tidak akan terisi kembali dan gletser mulai mencair. Periode hujan mulai menjadi lebih kering sejak akhir abad ke-19, dan sejak saat itu, gletser mulai menyusut.

Hinzmann ingin mengetahui seberapa cepat proses ini berlangsung dengan menggunakan citra satelit resolusi tinggi yang diambil setiap hari di setiap area.

“Namun, tidak semua gambar cocok untuk kami gunakan,” jelas Hinzmann. Misalnya, awan sering kali terbentuk di atas pegunungan tinggi di iklim hangat dan menghalangi pandangan ke massa es. Namun, analisis data juga relatif rumit bahkan ketika matahari bersinar, misalnya padang salju harus dibedakan dari padang es dan karena bayangan matahari, terutama ketika matahari berada rendah di langit, akan mendistorsi gambar.

Setelah dianalisis, data memberikan gambaran yang drastis. “Sejak gletser dipetakan pertama kali pada pergantian abad antara abad ke-19 dan ke-20, lebih dari 90 persen wilayahnya telah hilang,” jelas Hinzmann seperti dilansir Phys, Jumat (23/2/2024).

Pada tahun 1899, Gunung Kenya masih memiliki luas 1,64 kilometer persegi, namun menyusut menjadi 0,07 kilometer persegi pada tahun 2021/2022. Di Pegunungan Ruwenzori, es telah menyusut dari 6,51 kilometer persegi pada tahun 1906 menjadi hanya 0,38 kilometer persegi, dan bahkan wilayah es terluas di Afrika di Kilimanjaro berkurang dari 11,4 kilometer persegi pada tahun 1900 menjadi 0,98 kilometer persegi antara tahun 2021 dan 2022.

Iklim Indikator gletser di kawasan tropis tidak hanya menunjukkan bahwa perubahan iklim sudah lama terjadi, namun juga menunjukkan bahwa perubahan tersebut sedang berlangsung dengan sangat cepat.

“Penurunan sebesar ini mengkhawatirkan. Gletser di Afrika merupakan indikator jelas dampak perubahan iklim,” kata Hinzman.

Perubahan curah hujan di wilayah tersebut memainkan peran penting. Tidak hanya awan hujan yang lebih sedikit, tetapi juga lebih banyak hari tanpa awan sama sekali, sehingga gletser terkena lebih banyak sinar matahari. Sekalipun suhu tetap di bawah nol, matahari dapat langsung mengubah es menjadi uap air dan kelembaban, sehingga menggerogoti gletser. Hal ini tidak terjadi secara merata. Saat terjadi penurunan, sinar matahari lebih sedikit dan es bertahan lebih lama dalam posisi terlindung.

Hal serupa terjadi pada gletser di lereng barat, yang mungkin terpapar banyak sinar matahari di sore hari, tetapi lebih sering tertutup oleh awan dibandingkan daerah lain. Terlepas dari kasus-kasus seperti itu, beberapa ladang es di daerah tropis menunjukkan dengan sangat jelas betapa cepatnya perubahan iklim sudah berkembang saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement