Sabtu 02 Mar 2024 14:25 WIB

Perubahan Iklim Ancam Keberadaan Olahraga Musim Dingin

Olahraga ski kian terancam dengan jumlah salju yang sedikit akibat perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kendaraan melewati es yang tergantung di pegunungan yang tertutup salju (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Kendaraan melewati es yang tergantung di pegunungan yang tertutup salju (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pietro Casartelli selalu bermimpi untuk menjadi atlet ski profesional. Namun, pemain ski alpine berusia 18 tahun tersebut kini diliputi kekhawatiran karena perubahan iklim bisa membuat cita-citanya menjadi lebih sulit dan lebih mahal untuk dicapai.

Tahun lalu, ketika lereng ski yang biasa digunakan untuk berlatih mencair karena peningkatan suhu, Casartelli berencana untuk bergabung dengan kamp pelatihan di Chili. Namun, perjalanan tersebut dibatalkan karena tidak banyak calon peserta yang mampu membayar biayanya. Sistem cuaca yang memanas dan musim dingin yang lebih pendek mengancam olahraga musim dingin, serta menguji tekad para profesional dan amatir di seluruh Eropa.

Baca Juga

Sementara itu, Hautacam -sebuah resor ski di Pyrenees, Perancis- telah mengganti namanya menjadi "Hautacam Plage" (atau Pantai Hautacam) di mana 20 landasan ski-nya telah diubah menjadi tempat hiking dan bersepeda, bukan lagi olahraga musim dingin.

"Jika kita terus mengalami musim seperti ini, kita akan menutup tempat ski ini," kata Josiane Sempe, pemilik toko penyewaan ski di Hautacam, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/3/2024).