Jumat 08 Mar 2024 20:05 WIB

Masyarakat Batam Diimbau Waspada Banjir Rob

Curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir rob berpotensi terjadi di Batam.

Red: Nora Azizah
Warga melintasi banjir yang merendam salah satu kawasan permukiman di daerah Nongsa , Batam, Kepulauan Riau.
Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Warga melintasi banjir yang merendam salah satu kawasan permukiman di daerah Nongsa , Batam, Kepulauan Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikia BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam Kepulauan Riau mengimbau masyarakat di daerah setempat agar waspada terhadap banjir pesisir atau rob. Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam Ramlan di Batam, Jumat (8/3/2024), mengatakan, banjir rob tersebut karena adanya fenomena fase bulan baru (super new moon) bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan dengan bumi) pada tanggal 10 Maret 2024 serta curah hujan yang tinggi berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum dan dapat menimbulkan banjir pesisir (rob).

"Masyarakat pesisir pantai dihimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir (rob) yang di prediksikan berpotensi terjadi pada tanggal 9-13 Maret 2024," kata Ramlan.

Baca Juga

Adapun wilayah di Kota Batam yang perlu diwaspadai adanya fenomena banjir rob, yaitu Pesisir Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa, dan sekitarnya. Selain Kota Batam, tiga kabupaten lainnya di Kepri yang berpotensi banjir rob, yakni Kabupaten Karimun dan Kabupaten Bintan.

"Di Kabupaten Bintan yaitu Pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur, dan sekitarnya. Di Kabupaten Karimun yaitu Pesisir Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Meral, dan sekitarnya," ujar dia.

Dengan begitu, Ramlan menyebutkan hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas wilayah Indonesia diguyur hujan dengan intensitas yang berbeda-beda pada hari ini.

Melalui laman web resmi BMKG di Jakarta, Jumat, BMKG memprakirakan sejumlah daerah, seperti Pangkal Pinang, Pekanbaru, DKI Jakarta, Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar, dan Kendari bakal diguyur hujan dengan disertai petir. Terkhusus di Pekanbaru, BMKG memprakirakan hujan petir akan berlangsung sepanjang hari.

BMKG juga memprakirakan Medan, Palembang, Bandung, Surabaya, dan Mamuju bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang. Kemudian, hujan ringan terjadi di banyak wilayah, seperti Tanjung Pinang, Jambi, Serang, Denpasar, Samarinda, Mataram, Kupang, Gorontalo, Manokwari, dan Jayapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement