Senin 11 Mar 2024 21:06 WIB

Studi: Polusi Udara Bisa Sebabkan Lebih dari 1 Juta Kematian Dini Setiap Tahun

Angka kematian tertinggi terjadi di Asia dan Afrika.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Polusi udara menyebabkan lebih dari satu juta kematian dini di seluruh dunia setiap tahunnya.
Foto: VOA
Polusi udara menyebabkan lebih dari satu juta kematian dini di seluruh dunia setiap tahunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian baru yang mengerikan memperingatkan tentang efek mematikan dari polusi udara. Para peneliti dari Monash University di Australia telah menemukan bahwa paparan jangka pendek terhadap partikel halus, yang dikenal sebagai PM2.5, dalam polusi udara menyebabkan lebih dari satu juta kematian dini di seluruh dunia setiap tahunnya. Statistik yang mengkhawatirkan ini menyoroti risiko kesehatan yang signifikan yang ditimbulkan oleh polusi udara, terutama di Asia Timur di mana lebih dari separuh kematian ini terjadi.

PM2.5 mengacu pada partikel atau droplet di udara yang berukuran dua setengah mikron atau kurang. Partikel-partikel ini sangat kecil sehingga dapat menembus jauh ke dalam paru-paru dan bahkan masuk ke dalam aliran darah, menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Studi ini meneliti data kematian dan polusi dari lebih dari 13 ribu kota besar dan kecil di seluruh dunia selama dua dekade hingga 2019.

Baca Juga

Tidak seperti penelitian sebelumnya, yang terutama berfokus pada dampak kesehatan dari polusi jangka panjang di daerah perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi secara konsisten, penelitian ini menyoroti bahaya lonjakan PM2.5 dalam jangka pendek. Lonjakan ini dapat terjadi di wilayah metropolitan maupun kota kecil akibat peristiwa seperti kebakaran lahan, badai debu, dan peristiwa polusi udara ekstrem lainnya.

Para ilmuwan menemukan bahwa bahkan paparan singkat terhadap PM2.5 selama beberapa jam hingga beberapa hari dapat menimbulkan konsekuensi yang mematikan, terutama di Asia dan Afrika. Di lingkungan perkotaan, lebih dari seperlima dari kematian dini (22,74 persen) dilaporkan terjadi dilaporkan, menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan intervensi yang ditargetkan di kota-kota dengan populasi padat dan tingkat polusi yang tinggi.

Dampak kesehatan jangka pendek dari paparan polusi udara telah didokumentasikan dengan baik, seperti kebakaran hutan di Australia selama Musim Panas Hitam (Black Summer) tahun 2019-20 yang diperkirakan menyebabkan 429 kematian dini akibat asap dan 3.230 orang dirawat di rumah sakit sebagai akibat dari paparan akut dan terus-menerus terhadap polusi udara terkait kebakaran hutan yang sangat tinggi. Namun ini adalah studi pertama yang memetakan dampak global dari paparan polusi udara dalam waktu singkat.

Penelitian ini menekankan pada distribusi global dari beban kematian akibat paparan PM2.5 jangka pendek, antara lain Asia menyumbang sekitar 65,2 persen dari kematian global. Disusul Afrika 17 persen, Eropa 12 persen, Benua Amerika 5,6 persen dan Oseania 0,1 persen.

Profesor di Monash University sekaligus penulis utama studi, Yuming Guo, menjelaskan bahwa angka kematian tertinggi terjadi di wilayah yang padat dan tercemar di Asia Timur, Asia Selatan, dan Afrika Barat. Asia Timur, khususnya, melaporkan tingkat kematian lebih dari 50 persen lebih tinggi dari rata-rata global.

“Meskipun sebagian besar wilayah di Australia mengalami penurunan jumlah kematian yang dapat dikaitkan, fraksi kematian yang dikaitkan dengan paparan PM2.5 jangka pendek di Australia meningkat dari 0,54 persen pada tahun 2000 menjadi 0,76 persen pada tahun 2019, kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya frekuensi dan skala peristiwa polusi udara terkait cuaca ekstrem,” kata Guo seperti dilansir Study Finds, Senin (11/3/2024).

Untuk mengatasi kerusakan kesehatan akut yang disebabkan oleh paparan PM2.5 tingkat tinggi, studi ini merekomendasikan penerapan intervensi yang ditargetkan. Hal ini dapat mencakup sistem peringatan polusi udara dan rencana evakuasi masyarakat, yang secara signifikan akan mengurangi dampak kesehatan dari paparan polusi udara jangka pendek pada populasi yang rentan.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal The Lancet Planetary Health.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement