Jumat 15 Mar 2024 21:23 WIB

Ikan Salmon Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim, Habitatnya Perlu Dipulihkan

Habitat ikan salmon perlu dipulihkan agar dapat bertahan dari dampak perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Salmon dapat menghadapi berbagai kondisi seiring dengan perubahan iklim.
Foto: www.freepik.com
Salmon dapat menghadapi berbagai kondisi seiring dengan perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru mengungkap bahwa habitat salmon yang dipulihkan harus menyerupai portofolio keuangan, menawarkan berbagai pilihan bagi ikan untuk mencari makan dan bertahan hidup. Dengan begitu, salmon dapat menghadapi berbagai kondisi seiring dengan perubahan iklim.

Para peneliti mengamati salmon Chinook yang terancam punah di anak sungai Sacramento. Mereka menemukan bahwa lokasi yang direstorasi yang menghasilkan banyak ikan mungkin sangat rentan terhadap perubahan seperti kekeringan. Lokasi-lokasi tersebut harus digabungkan dengan berbagai lokasi lain yang mendukung populasi salmon dengan cara beragam.

Baca Juga

"Ikan membutuhkan berbagai peluang yang berbeda. Ikan dengan satu riwayat hidup yang mendukung habitat tertentu tidak akan menyelamatkan populasi dalam jangka panjang. Kita membutuhkan habitat yang beragam untuk mendukung beragam sejarah hidup yang membantu memberikan ketahanan,” kata Flora Cordoleani, seorang peneliti NOAA Fisheries dan University of California Santa Cruz yang memimpin studi.

Riwayat hidup mengacu pada ciri dan sifat salmon seperti waktu migrasi remaja, tingkat pertumbuhan, dan preferensi makanan. Sebagai contoh, beberapa salmon remaja bermigrasi ke lautan pada tahun pertama pertumbuhannya, sementara yang lain mungkin menghabiskan tahun itu untuk tumbuh di air tawar terlebih dahulu. Waktu tersebut dapat menguntungkan mereka di beberapa tahun, tetapi membuat mereka lebih rentan di tahun-tahun lainnya, seperti saat kekeringan.