Sabtu 13 Apr 2024 13:00 WIB

Menerapkan Kesadaran Jaga Lingkungan Dimulai dari Individunya

Hanya manusia sendiri yang bisa lakukan perubahan untuk memperbaiki alam.

Red: Fuji Pratiwi
Prisia Nasution
Foto: Prayogi/Republika
Prisia Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris dan aktivis lingkungan Prisia Nasution mengatakan upaya menjaga lingkungan harus dimulai dari menata mental individu atau manusianya yang merupakan "musuh" alam yang sebenarnya.

"Jadi di yayasan berpikir, kita betulin dulu manusianya supaya jangan merusak. Kita memperbarui dan membantu, jadi yang dibetulin di awal mentalnya dulu," kata Prisia dalam diskusi dengan tema Ibu Kota Nusantara dan Investasi untuk Alam, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Pemain film yang bergerak organisasi swadaya masyarakat bidang lingkungan dan hewan ini mengatakan, manusia merupakan "musuh". Namun, hanya manusia sendirilah yang bisa melakukan perubahan untuk memperbaiki alam.

Untuk membentuk mental individu yang sadar akan lingkungan, yayasan Kopi Panas yang dibina Prisia juga kerap menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk mengatasi kesehatan mentalnya. Selain itu, ia juga mendukung perubahan kebiasaan bagi masyarakat yang melakukan kegiatan membagikan makanan untuk mengganti kemasan makanan yang lebih berkelanjutan seperti daun pisang daripada menggunakan plastik yang mencemari lingkungan.