Ahad 21 Apr 2024 17:46 WIB

Studi: Geoengineering Bukan Solusi Cepat Atasi Krisis Iklim

Geoengineering menimbulkan pertanyaan baru terkait mendinginkan bumi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sebuah gagasan kontroversial untuk mendinginkan iklim bumi melalui cara buatan kemungkinan akan memerlukan komitmen global yang jauh lebih lama.
Foto: EPA
Sebuah gagasan kontroversial untuk mendinginkan iklim bumi melalui cara buatan kemungkinan akan memerlukan komitmen global yang jauh lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah gagasan kontroversial untuk mendinginkan iklim bumi melalui cara buatan kemungkinan akan memerlukan komitmen global yang jauh lebih lama, daripada yang dipahami oleh para pembuat kebijakan dan masyarakat. Demikian menurut sebuah penelitian, yang menimbulkan pertanyaan baru tentang potensi penggunaan solar geoengineering (geoengineering surya).

Menurut studi tersebut, jika para pemimpin dunia memutuskan untuk menggunakan geoengineering tenaga surya dalam mencapai tujuan iklim internasional, mereka bisa saja terjebak di dalamnya selama satu abad atau lebih. Jangka waktu yang berpotensi panjang ini semakin memperumit perdebatan mengenai geoengineering dan kelangsungannya.

Baca Juga

Penulis utama studi yang merupakan seorang kandidat doktor di European Centre for Research and Advanced Training in Scientific Computatio, Susanne Baur, mengatakan bahwa geoengineering sering kali dikomunikasikan sebagai tindakan sementara atau relatif singkat dalam arti beberapa dekade.

“Jadi ketika kami mulai melihat jalur-jalur ini, dan kami mengekstrapolasinya sedikit lebih lama, kami melihat bahwa dalam banyak kasus, jalur tersebut sebenarnya tidak sesingkat itu,” kata Baur seperti dilansir Scientific American, Ahad (21/4/2024).

Menurut Baur, publik mungkin tidak menyadari cakupan komitmen geoengineering surya maupun risikonya, termasuk perlunya kerja sama internasional jangka panjang. “Jika kita harus mempertahankan sistem seperti ini untuk waktu yang lama, hal itu hanya akan meningkatkan kemungkinan terjadinya sesuatu yang buruk,” kata Baur.

Geoengineering surya mengacu pada sejenis rekayasa iklim yang bertujuan memanipulasi jumlah radiasi matahari yang menghantam planet ini. Strategi yang paling sering dibahas adalah dengan menyemprotkan aerosol reflektif khusus ke atmosfer untuk menjauhkan sinar matahari dari bumi, sehingga menurunkan suhu global.

Namun proyek semacam ini sangat kontroversial. Risiko dan efek samping geoengineering tenaga surya mulai dari kemungkinan kerusakan lapisan ozon bumi, hingga perubahan pola curah hujan global yang tidak disengaja.

Jika proyek Geoengineering surya telah dimulai, maka akan berbahaya untuk menghentikannya. Kecuali jika cukup banyak karbon yang tersedot keluar dari atmosfer untuk menurunkan suhu bumi di bawah ambang batas yang aman.

“Dan jika tidak, penghentian geoengineering secara tiba-tiba dapat menyebabkan suhu bumi meroket, yang berpotensi lebih cepat daripada kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi, sebuah konsep yang dikenal sebagai termination shock,” kata Baur.

Risiko-risiko tersebut telah mendorong para ilmuwan untuk mendesak adanya diskusi dan kesepakatan internasional mengenai pengaturan eksperimen dan penerapan geoengineering.

Studi baru ini, yang diterbitkan pada tanggal 28 Maret di jurnal Earth System Dynamics, menganalisis bagaimana geoengineering surya dapat digunakan untuk memenuhi target iklim dan berapa lama dunia harus mempertahankan praktik tersebut untuk mencapai target.

Kerangka waktunya sangat bervariasi, demikian temuan penelitian ini. Jika suatu negara dapat dengan cepat mengurangi emisi dan karbon di atmosfer, maka geoengineering surya tidak diperlukan lagi.

Studi ini memodelkan ratusan skenario geoengineering potensial untuk memperhitungkan faktor-faktor seperti seberapa cepat emisi global turun, berapa banyak karbon yang dihilangkan dari atmosfer setiap tahunnya dan bagaimana sistem iklim merespons secara fisik, yang masih belum pasti.

Meskipun jangka waktu yang diproyeksikan berkisar dari tidak ada geoengineering hingga ratusan tahun, hanya sedikit skenario yang menghasilkan jangka waktu kurang dari 100 tahun. Skenario tersebut umumnya mengasumsikan tindakan iklim yang sangat agresif.

Studi ini juga menemukan bahwa jika negara-negara mencapai tujuan iklim mereka berdasarkan Perjanjian Paris, geoengineering surya akan diperlukan setidaknya selama satu abad sebelum dunia dapat berhenti dengan aman dan memastikan bahwa kenaikan suhu global akan tetap di bawah 1,5 derajat Celcius.

Ambang batas tersebut merupakan tujuan Perjanjian Paris yang paling ambisius. Dan itu menjadi semakin sulit dipahami. Laporan terbaru dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB, yang dirilis pada bulan Maret, memperingatkan bahwa dunia dapat melampaui target suhu dalam satu dekade. Bahkan jika emisi karbon segera dikurangi, dunia kemungkinan akan melampaui ambang batas 1,5 derajat Celcius setidaknya untuk sementara, kata laporan tersebut.

Geoengineering surya dapat mencegah kelebihan energi dengan mendinginkan iklim bumi untuk sementara, menjaga kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat Celcius, sementara para pemimpin dunia berupaya mengurangi emisi dan menghilangkan karbon dioksida untuk mendinginkan iklim dalam jangka panjang.

Pada akhirnya, setelah emisi global mencapai titik nol dan cukup banyak karbon yang dihilangkan, dunia dapat berhenti menggunakan geoengineering agar suhu global tidak kembali meningkat. Namun tidak dapat dipastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tersebut.

“Hanya sedikit penelitian yang berupaya menentukan berapa lama geoengineering diperlukan, meskipun pertanyaan ini penting. Penggunaan geoengineering dalam jangka panjang meningkatkan potensi risiko dan kebutuhan akan kerja sama internasional, yang tidak dapat diprediksi dalam jangka waktu lama,” kata Baur.

Chris Field, ilmuwan sistem bumi di Stanford University yang tidak terlibat dalam penelitian ini, menilai bahwa studi ini menegaskan pentingnya intervensi pemerintah dalam mengembangkan program penelitian nasional yang didanai dengan baik, dengan menekankan tata kelola serta regulasi yang cermat dalam prosesnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement