Kamis 25 Apr 2024 19:10 WIB

KLHK: Pengelolaan Hutan Lestari Libatkan Kaum Muda agar Berdampak Luas

Pengelolaan hutan lestari tak hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga anak muda.

Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi Hutan
Foto: wikipedia
Ilustrasi Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melibatkan generasi muda untuk mencapai pengelolaan hutan lestari. Langkah itu agar memberi dampak yang lebih luas secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Plt Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Agus Justianto menyatakan, pengelolaan hutan lestari bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga lembaga non pemerintah, swasta, masyarakat, termasuk generasi muda. "Sumber daya hutan harus kita kelola secara lestari sehingga bisa memberi manfaat secara berkelanjutan," kata Agus di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga

Sebelumnya Agus menerima kunjungan silaturahmi generasi muda yang hadir di konferensi perubahan iklim COP 28 Dubai diwakili Board International Forestry Students Association (IFSA) Faiha Azka Azzahira dan aktivis muda gender dan perubahan iklim Alya Sabira dari UPNVJ sekaligus duta UNICEF di COP 28 Dubai.

Dia menjelaskan secara ekonomi, pemanfaatan hasil hutan kayu, nonkayu, dan jasa lingkungan membuka pintu lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, dan penerimaan negara.