Rabu 22 May 2024 23:50 WIB

RI Usulkan Dana Abadi untuk Pembiayaan Proyek Sumber Daya Air

Dana abadi ini untuk pemeliharaan infrastruktur dan konservasi sumber air.

Red: Fuji Pratiwi
Sumber air (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Sumber air (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Pemerintah Indonesia mengusulkan adanya skema dana abadi untuk pembiayaan proyek sumber daya air.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PUPR Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan bahwa usulan tersebut termasuk inisiasi Pemerintah dalam mengusulkan adanya Centre of Excellence (CoE) di ajang World Water Forum ke-10 2024.

Baca Juga

Di dalam Center of Eexcellence (CoE), pemerintah Indonesia mengusulkan endowment fund untuk water resource project. "Jadi dana abadi seperti itu. Gunanya untuk apa? Untuk agar kebutuhan biaya pemeliharaan, pemeliharaan infrastruktur sumber daya air dan juga untuk menjaga konservasi di hulu bisa terjaga dengan baik karena semuanya tentu membutuhkan biaya," kata Herry saat konferensi pers World Water Forum ke-10 2024 di Badung, Bali, Rabu (22/5/2024).

Herry menjelaskan bahwa dana abadi untuk proyek sumber dana air akan diinvestasikan, dan hasil investasinya akan digunakan untuk pemeliharaan aset infrastruktur air. Menurut dia, skema tersebut sudah diterapkan pada dana abadi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan tabungan perumahan rakyat (Tapera).