Rabu 10 Jul 2024 10:10 WIB

OceanX Ajak Generasi Muda Indonesia Pelajari dan Lindungi Laut Dalam

Kerja sama antara RI dengan OceanX untuk meningkatkan riset kemaritiman.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Pengunjung menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut lokasi selam (dive site) Batee Tokong, di Desa Iboih, Kota Sabang, Aceh, Ahad (10/3/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Khalis Surry
Pengunjung menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut lokasi selam (dive site) Batee Tokong, di Desa Iboih, Kota Sabang, Aceh, Ahad (10/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Co-CEO OceanX Vincent Pierebone mengajak generasi muda Indonesia untuk mempelajari dan melindungi laut dalam. Hal ini disampaikan dalam diskusi bertajuk "Deep Ocean Potential of Indonesia: How Deep Do You Explore?" yang digelar bersama Kementerian Koordinator Investasi dan Maritim dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).  

"Sebagai peneliti Amerika saya bangga dengan komunitas peneliti Amerika, Amerika sangat mendukung penelitian ilmu pengetahuan dasar, kami sangat yakin dengan proses penelitian ilmu pengetahuan dasar mengarah pada temuan yang sangat penting ke depannya," kata Pierebone, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga

Pierebone mengatakan banyak institusi penelitian di Amerika yang meneliti pengetahuan dasar. Para peneliti Amerika, katanya, meneliti konsep-konsep yang tidak secara langsung relevan dengan nilai ekonomi tetapi proses itu memberikan manfaat ekonomi yang sangat besar pada Amerika.

"Tujuan kami di sini, di Indonesia adalah untuk mengeksplorasi, melihat tempat-tempat di bumi yang sangat unik, yang ada di perairan anda, untuk melihat untuk pertama kalinya, membawa kapal penelitian dan mengajak peneliti lokal yang paling memahami perairan anda, ke kapal kami," tambahnya.