Sabtu 20 Jul 2024 23:58 WIB

Grand Final AMANAH Youth Top Models 2024 Lahirkan Model Terbaik dari Aceh

Para penonton juga dihibur penampilan musik dan standup comedy.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) sukses menggelar Grand Final AMANAH Youth Top Models (AYTM) 2024 di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Kota Banda Aceh, Jumat (19/7/2024) malam.
Foto: Dok. Web
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) sukses menggelar Grand Final AMANAH Youth Top Models (AYTM) 2024 di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Kota Banda Aceh, Jumat (19/7/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) sukses menggelar Grand Final AMANAH Youth Top Models (AYTM) 2024 di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Kota Banda Aceh, Jumat (19/7/2024) malam.

Posisi pertama AYTM 2024 dimenangkan Ibnu Nusyi asal Aceh Besar untuk kategori pria. Sedangkan, kategori wanitanya diraih Syafira Mustaqilla asal Langsa.

Baca Juga

“Sangat senang, tak tahu mau bilang apa. Ini saya merintis dari tidak punya (kemampuan) apa-apa, dengan percaya diri sampai ujung-ujungnya saya juara. Saya enggak menyangka,” tutur Ibnu saat diwawancarai di lokasi, seusai acara.

Untuk posisi runner-up kategori pria diraih Reza Arianda sedangkan kategori wanitanya adalah Fatia Al Humaira. Kemudian, posisi ketiganya dimenangkan Muallimin di kategori pria dan Siti Rahma Keumala Kharisma untuk kategori wanitanya.

Selain itu, dewan juri juga memberikan penghargaan lainnya untuk kategori terfavorit, fotogenik dan busana kreasi terbaik. Mereka mendapatkan nilai tertinggi di antara finalis lain yang berjumlah total 25 orang.

Setelah menjuarai AYTM 2024, mereka juga berkesempatan mewakili Aceh ke ajang serupa di tingkat nasional. “Saya tetap harus belajar dan (agar) ke depannya akan lebih baik,” ujar Ibnu.

Rangkaian kegiatan AYTM 2024 telah berlangsung hari sejak Ahad (14/7/2024). Program diawali dengan bootcamp atau pelatihan modeling yang diikuti seluruh peserta berjumlah 500 orang.

Tak hanya dibekali cara berjalan di catwalk sambil memakai sepatu hak tinggi, para peserta mendapatkan pengetahuan lainnya. Seperti, cara meningkatkan kepercayaan diri hingga public speaking.

Setelah melewati seleksi yang berlangsung selama masa karantina, para juri memilih 25 finalis. Mereka terdiri dari 10 finalis laki-laki dan 15 finalis perempuan yang mewakili berbagai daerah di Provinsi Aceh.

Salah seorang mentor sekaligus juri, Deny Malik mengaku terkesan dengan kemampuan para finalis. “Sebenarnya agak susah (menentukan pemenang) karena sebenarnya yang masuk 25 (finalis) ini, jujur saja, bagus. Semuanya itu di atas standar,” katanya.

Selain Deny, para peserta juga banyak mendapatkan ilmu dari mentor lainnya, yakni, Chitra Nartomo dan Intan Aletrino. Ditambah, masukan dari Putri Indonesia Aceh 2024, Suci Annisa Mawardi, pada saat acara Grand Final AYTM 2024.

Para finalis tampil memukau ratusan penonton dalam acara malam itu. Satu per satu finalis berjalan penuh percaya diri di atas catwalk mengenakan busana karya para desainer lokal yang mencerminkan unsur-unsur budaya Aceh.

“Dengan waktu (latihan) yang sangat singkat, alhamdulillah mereka bisa menangkap dengan baik. Mereka bisa mengikuti konsep yang kita mau, yang saya mau. Itu buat saya, jujur, saya sudah puas,” tutur Deny.

Masing-masing peserta tampil mengenakan pakaian bernuansa kasual di awal acara. Kemudian, mereka berganti konsep busana bergaya lebih berani dengan diselimuti kain hitam sebelumnya sehingga memberikan kejutan bagi para penonton.

Di sela-sela penampilan para finalis, para penonton juga dihibur penampilan musik dan standup comedy. Salah satunya, dari Oranghutan Squad yang membawakan musik hip hop bernuansa etnik mengiringi rap dengan lirik bahasa daerah setempat.

Modeling merupakan salah satu sektor unggulan dari sembilan sektor yang ada di program AMANAH. Penyelenggaraan AYTM 2024 diharapkan dapat mengembangkan minat dan bakat generasi muda di Provinsi Aceh dalam bidang modeling.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement