Selasa 23 Jul 2024 07:41 WIB

Dana Kelolaan Reksa Dana Berbasis ESG Capai Rp 8,21 Triliun

Peran sektor swasta penting dalam pengembangan ekosistem keuangan berkelanjutan.

Red: Satria K Yudha
Ilustrasi instrumen investasi hijau
Foto: Freepik
Ilustrasi instrumen investasi hijau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi menyampaikan bahwa dana kelolaan (AUM) reksa dana berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di Indonesia telah mencapai Rp 8,21 triliun per Juni 2024. Jumlah itu berasal dari 34 produk yang diterbitkan 19 Manajer Investasi (MI).

Seiring telah diluncurkannya indeks saham berbasis ESG oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), ia menyebut terdapat 10 emiten yang telah menerbitkan Efek Bersifat Utang dan/atau Sukuk (EBUS) berlandaskan keberlanjutan di Indonesia sejak 2018 hingga Juni 2024.

Baca Juga

 "Total penerbitan tersebut mencapai Rp 34,19 triliun yang mayoritas didominasi sektor keuangan, manufaktur, dan energi terbarukan," ujar Inarno. ujar Inarno dalam sambutannya pada acara Road to SAFE 2024: Strengthening ESG Implementation in Indonesia’s Business Sector di Jakarta, Senin (23/7/2024).

Pihaknya optimistis pasar obligasi dan sukuk tematik di Indonesia akan terus berkembang ke depan, meskipun sampai saat ini perkembangannya terhitung masih relatif kecil apabila dibandingkan dengan seluruh obligasi dan sukuk tematik yang diterbitkan di kawasan ASEAN.

“Kami mendorong lebih banyak entitas untuk dapat menerbitkan EBUS berlandaskan keberlanjutan mengingat peran sektor swasta sangatlah penting untuk mencapai pengembangan ekosistem keuangan berkelanjutan di Indonesia," ujar Inarno

Dalam kesempatan ini, Inarno menyampaikan bahwa EBUS berlandaskan keberlanjutan ini merupakan hasil kerja sama antara OJK dengan Asian Development Bank (ADB) dan United Nation Development Program (UNDP), serta pihak lainnya.

"Bertujuan untuk mendorong penerbitan EBUS berlandaskan keberlanjutan, dengan memberikan fasilitas dan capacity building bagi pihak- pihak yang memiliki komitmen untuk menerbitkan yang EBUS berlandaskan keberlanjutan," ujar Inarno.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement