Rabu 24 Jul 2024 12:51 WIB

Hadiri IPU Parliamentary Forum, Wakil Ketua BKSAP DPR Tagih Komitmen Pendanaan Iklim

Adaptasi perubahan iklim harus dilakukan secara maksimal

Red: Satria K Yudha
Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana (kanan) bertemu Presiden IPU Tulia Ackson.
Foto: Istimewa
Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana (kanan) bertemu Presiden IPU Tulia Ackson.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana melakukan kunjungan ke New York, Amerika Serikat, untuk menghadiri IPU (Inter-Parliamentary Union) Parliamentary Forum at the High-Level Political Forum on Sustainable Development dan melakukan pertemuan dengan United Nation (UN) Water. Dalam kesempatan itu, Putu menyinggung komitmen negara-negara maju terkait dukungan dana perubahan iklim 100 miliar dolar AS setiap tahunnya kepada negara-negara berkembang

IPU merupakan organisasi internasional untuk parlemen di dunia. Terkait pertemuan IPU, Putu menjelaskan ada beberapa isu yang dibahas dalam pertemuan forum internasional tersebut. “Pertama kunjungan kita ke New York dalam rangka mengikuti kegiatan high level political forum, untuk membahas pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan agenda 2030,” kata Putu Rudana dalam keterangan yang diterima Republika, Rabu (24/7/2023)

Kata Putu, dari 17 tujuan di SDGs, tahun ini agenda pertemuan membahas Goal 16 yakni peace, justice dan strong institutions  dan Goal 13 tentang climate actions. “Nah dua isu ini menjadi satu bahasan, di mana setiap negara akan melaporkan hasil-hasil pencapaian SDGs memenuhi target agenda 2030,” ujarnya.

Putu sebagai perwakilan dari Parlemen Indonesia memberikan pandangan menyangkut dengan perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang kuat. Ia berharap agar dunia ini tetap menganut sistem dalam menyelesaikan konfliknya adalah mengacu kepada sisi kemanusiaan, keadilan dan juga pada fokusnya perdamaian.