Jumat 26 Jul 2024 10:08 WIB

Kualitas Infrastruktur Digital Diyakini Jadi Pondasi Berkembangnya IKN

Perluasan jaringan didukung melalui penyediaan dan pengembangan solusi konektivitas.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Jaringan internet (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Jaringan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, IKN -- Infrastruktrur digital dengan kualitas tinggi sangat dibutuhkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kebutuhan jaringan internet berkualitas tinggi akan turut menjadi pondasi berkembangnya IKN.

CEO Comtelindo, Vicky mengatakan sebagai perusahaannya sebagai perusahaan penyedia layanan internet (ISP) yang berbasis di Kalimantan Timur, berkomitmen menyediakan infrastruktur digital berkualitas tinggi. Sebab itu menjadi salah pondasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan di IKN serta berbagai daerah penunjang yang ada di sekitarnya.

Baca Juga

"Kami akan terus melakukan ekspansi perluasan wilayah jangkauan jaringan dan layanan yang akan terus dilakukan secara masif dan bertahap agar dapat mengakselerasi digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan Ibu Kota Nusantara," ujar Vicky.

Vicky mengungkapkan pihaknya akan fokus pada beberapa inisiatif utama, antara lain memperluas jaringan fiber optik berkecepatan tinggi ke berbagai wilayah di Kalimantan Timur, termasuk area yang akan menjadi bagian dari Ibu Kota Nusantara. Menurutnya, melalui perluasan jaringan ini, Comtelindo memastikan bahwa semua instansi pemerintah, bisnis, dan penduduk di wilayah ini dapat menikmati akses internet yang stabil dalam menunjang kegiatan operasional sehari-hari serta kemudahan proses komunikasi secara efektif.

Perluasan jaringan tersebut didukung melalui penyediaan dan pengembangan solusi konektivitas yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi-teknologi seperti sistem transportasi pintar, manajemen energi, dan layanan publik berbasis digital.

Berbagai program pelatihan dan pendidikan dengan tujuan meningkatkan keterampilan digital pun dilakukan. Harapannya untuk menciptakan tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan ekonomi digital, serta mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan generasi muda.

Vicky menambahkan dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, Comtelindo aktif berkolaborasi dengan pelaku usaha lokal untuk menyediakan layanan internet yang dapat diandalkan bagi bisnis-bisnis kecil dan menengah. Hal ini dapat membantu usaha-usaha lokal untuk berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu juga berkomitmen untuk menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dalam setiap operasionalnya. Perusahaan ini berinvestasi dalam teknologi hijau dan solusi hemat energi untuk mengurangi jejak karbon dan memastikan bahwa pembangunan IKN berlangsung secara berkelanjutan.

"Kami percaya bahwa infrastruktur digital yang kuat dan handal adalah kunci untuk mendukung perkembangan kota ini menjadi pusat pemerintahan yang modern dan efisien, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," kata Vicky yang juga sebagai Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) Kalimantan Timur.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement