Jumat 26 Jul 2024 12:29 WIB

BMKG Ungkap Pemicu Suhu Panas di Sumbar Beberapa Hari Terakhir

Cuaca panas terasa di Sumbar dalam beberapa hari terakhir.

Red: Qommarria Rostanti
Cuaca panas di Sumatra Barat (ilustrasi). BMKG memgungkap penyebab cuaca panas yang terjadi di Sumbar beberapa waktu terakhir.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Cuaca panas di Sumatra Barat (ilustrasi). BMKG memgungkap penyebab cuaca panas yang terjadi di Sumbar beberapa waktu terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatra Barat, melaporkan minimnya pertumbuhan bibit awan memicu peningkatan suhu di daerah itu sejak beberapa hari terakhir.

"Jadi kenapa beberapa hari terakhir terasa panas? Ya karena memang tutupan awannya sedikit," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Padang Pariaman Desindra Deddy di Padang, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga

Deddy menjelaskan, minimnya pertumbuhan bibit awan yang terpantau melalui citra satelit menyebabkan paparan sinar matahari langsung ke permukaan bumi tanpa adanya filterisasi dari awan.

"Imbas sedikitnya tutupan awan ini menyebabkan energi matahari berupa gelombang pendek itu maksimal diterima oleh permukaan bumi," ujarnya.

Minimnya pertumbuhan bibit awan tersebut berkaitan dengan kondisi fenomena global, regional dan lokal yang tidak mendukung pertumbuhan awan. Sebagai contoh, pada Juli 2024 Indonesia sudah memasuki musim kemarau dimana angin monsun timur atau monsun Australia sangat dominan. Angin monsun Australia sendiri diketahui membawa massa udara yang sifatnya dingin dan kering dari benua Australia dan masuk ke Indonesia yang dapat menyebabkan musim kemarau.

Meskipun terjadi peningkatan suhu panas, Deddy menegaskan kondisi itu belum termasuk fenomena gelombang panas (heat wafe). Apalagi, berdasarkan catatan BMKG gelombang panas tidak pernah terjadi di Indonesia.

"Jadi, kalau gelombang panas itu karakternya ada perbedaan lima derajat celsius dari suhu kondisi normal," ujar dia.

Oleh karena itu, pihaknya menegaskan kondisi peningkatan suhu selama beberapa hari terakhir tidak termasuk fenomena gelombang panas seperti yang terjadi di Afrika, India dan wilayah lainnya.

Terakhir, BMKG mengimbau masyarakat agar mengantisipasi peningkatan suhu panas terutama saat beraktivitas di ruangan terbuka. Tindakan yang dapat dilakukan misalnya menggunakan payung da sebagainya.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat agar tidak membakar sampah, atau membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar. Sebab, hal tersebut dapat memicu kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement