Sabtu 03 Aug 2024 14:41 WIB

Republika: Bebersih Leuweung Dorong Penurunan Emisi Karbon

Sampah anorganik akan dibawa ke fasilitas vending machine untuk ditukar menjadi poin.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kegiatan Republika Bebersih Leuweung di Gunung Putri Jayagiri Lembang.
Foto: Republika
Kegiatan Republika Bebersih Leuweung di Gunung Putri Jayagiri Lembang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Direktur PT Republika Media Mandiri Nur Hasan Murtiaji mengungkapkan sejumlah inovasi baru dalam aksi Bebersih Leuweung Jilid II di Gunung Putri Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/8/2024). Sampah yang dibawa akan dibawa ke vending machine untuk ditukar dengan poin yang bisa dikonversi ke rupiah.

Selain itu, pihaknya melakukan penghitungan jejak emisi karbon dalam kegiatan Bebersih Leuweung II. "Bebersih Leweung di awal tahun ini kami adakan di Gunung Palasari tapi saat itu hanya membersihkan plastik atau sampah-sampah anorganik, kita kumpulkan, lalu selesai," ucapnya di sela-sela acara, Sabtu (3/8/2024).

Baca Juga

Namun, dalam Bebersih Leweung kali ini, Nur Hasan Murtiaji mengatakan sampah anorganik akan dibawa ke fasilitas vending machine untuk ditukar menjadi sebuah poin dalam bentuk e-wallet atau ke rekening. Ia menyebut sampah anorganik yang dikumpulkan bisa bernilai.

Uang yang berhasil dikumpulkan, ia mengatakan, akan digunakan untuk kegiatan sosial atau dalam bentuk program wakaf yaitu hutan wakaf.

"Sampah plastik tidak dibuang tapi bisa bernilai," kata dia.

Selain itu, aksi Bebersih Leweung Jilid II yang menghadirkan banyak orang melakukan penghitungan jejak emisi karbon dan berharap tidak menambah emisi karbon. Pihaknya bekerja sama dengan Truclimate untuk menghitung jejak emisi karbon tersebut.

"Contohnya, para peserta naik apa, mobil atau motor. Kira-kira nanti ada rumusnya (penghitungan) ada tanam pohon dan mengurangi plastik mengurangi karbon," kata dia.

Nur Hasan Murtiaji berharap aksi Bebersih Leweung dapat rutin diadakan. Sebab, bumi harus dijaga tidak hanya pada momen-momen tertentu akan tetapi dijaga kapan saja.

"Kami ingin kegiatan Bebersih Leweung diadakan rutin dengan inovasi yang lebih baru, mereduksi, dan membantu memitigasi krisis iklim," kata dia.

Aksi Bebersih Leweung melibatkan komunitas pencinta alam seperti Pamor FPOK UPI, Mapala STIKOM Bandung dan Unisba termasuk Forum Penyelamat Lingkungan Hidup. Kegiatan pun didukung oleh Pemprov Jabar, Bank BJB, Perhutani, PTPN VIII, Palawi Risorsis, Air Mineral Bisto, Bank BJB Syariah, Rumah Wakaf, Rumah Zakat, Truclimate dan Eiger.

Aksi Bebersih Leuweung jilid II merupakan rangkaian dari program Sehati untuk Bumi yang digagas Republika. Program tersebut sudah berlangsung sejak bulan Juni dan akan disusul dengan kegiatan lainnya.

Sebelumnya, aksi Bebersih Leuweung pertama kali digelar di Gunung Palasari, Kabupaten Bandung melibatkan berbagai komunitas pencinta alam dan berbagai pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement