Jumat 09 Aug 2024 10:41 WIB

Harga Rental Mobil Hingga Sewa Kontrakan Naik Drastis di IKN, Ternyata Ini Alasannya

Tingginya permintaan membuat tarif rental mobil dan sewa kontrakan melambung.

Red: Karta Raharja Ucu
Suasana lapangan upacara yang akan digunakan pada HUT RI di kawasan Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/7/2024). Persiapan pelaksaan upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN telah mencapai sekitar 90 persen dan siap digelar pada 17 Agustus 2024.
Foto:

Pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) membuat harga kamar kosan dan rumah kontrakan di sekitarnya naik gila-gilaan. Tarif rumah kontrakan petak dari Rp 5 juta menjadi Rp 125 juta per tahun.

Kamar kos dan rumah kontrakan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, "laris manis". Permintaan yang tinggi menjadi penyebab utama harga sewa melejit seiring pembangunan IKN.

Di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, contohnya, sangat sulit mendapatkan kos-kosan dan rumah kontrakan karena rata-rata sudah terisi dan didominasi pekerja proyek pembangunan infrastruktur Kota Nusantara dari luar daerah. Dengan meningkatnya permintaan kamar kos dan rumah kontrakan, harga atau tarif sewa kos-kosan serta rumah kontrakan di wilayah Kecamatan Sepaku juga melejit cukup signifikan.