Sabtu 17 Aug 2024 15:06 WIB

10 Tahun Merajut Asa Menuju Kalteng Bermartabat

Pembangunan di Kalteng sejak 2016 hingga 2024 menunjukkan pencapaian positif.

Red: Friska Yolandha
Keberhasilan Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Edy Prawoto memimpin Provinsi Kalimantan Tengah dalam sepuluh tahun terakhir telah dirasakan masyarakat.
Foto: dok Republika
Keberhasilan Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Edy Prawoto memimpin Provinsi Kalimantan Tengah dalam sepuluh tahun terakhir telah dirasakan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Keberhasilan Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Edy Prawoto memimpin Provinsi Kalimantan Tengah dalam sepuluh tahun terakhir telah dirasakan masyarakat. Sejumlah program strategis yang menjadi agenda prioritas pembangunan seperti bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perekonomian melalui hilirisasi, satu per satu mulai terwujud.

Kemajuan yang berhasil dicapai ini menjadikan provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Apalagi dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) maka Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki peran strategis sebagai penyangga IKN.

Baca Juga

"Oleh sebab itu sektor-sektor strategis yang ada harus kita optimalkan," kata Gubernur H Sugianto Sabran dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (16/8/2024).

Ia kemudian mencontohkan Food estate yang ada di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, saat ini telah mampu meningkatkan kesejahteraan petani, dan menjadi pemantik perekonomian baru bagi daerah sekitarnya. Menurut Gubernur, kelak food estate akan menjadi lumbung pangan nasional termasuk memasok kebutuhan pangan di IKN.