Sabtu 17 Aug 2024 15:22 WIB

Tambak Udang Vaname Sejahterakan Nelayan Pesisir

Tambak udang Vaname ini merupakan program prioritas pemerintah provinsi.

Red: Friska Yolandha
Salah satu inovasi dan gagasan Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran dalam mengangkat taraf hidup masyarakat pesisir yang bekerja pada sektor kelautan dan perikanan yakni dengan membangun Kawasan tambak udang Vaname (Shrimp estate) di Kabupaten Sukamara.
Foto: dok Republika
Gubernur Sugianto Sabran sedang memanen udang

Ikon daerah

Dalam menarik investor maupun wisatawan, Pemprov Kalteng terus membenahi infrastuktur baik jalan jembatan serta membangun ikon daerah (land mark). Beberapa ikon daerah yang diharapkan memberikan daya tarik wisata seperti Bundaran Besar dan Bundaran Mahir Mahar, Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain itu juga pengembangan kawasan Water front City, destinasi wisata alam Taman Sebangau, dan pembangunan bendungan.

Langkah lainnya yang diambil Pemprov dalam upaya menarik wisatawan dan meningkatan kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif antara lain dengan menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Provinsi Kalimantan Tengah 2024.

Menurut Sugianto, FBIM dan FKN telah menjadi ajang strategis dalam mempromosikan seni budaya, destinasi wisata, dan kuliner khas Kalteng kepada wisatawan nusantara dan manca negara. Para pelaku seni budaya memberikan karya-karya terbaik yang mengedukasi warga masyarakat agar lebih peduli dan bangga dengan nilai-nilai seni dan budaya Kalteng. Eksistensi nilai luhur tradisi dan kearifan lokal harus terus dijaga di tengah kemajuan zaman dan modernisasi.