Selasa 27 Aug 2024 06:15 WIB

Masyarakat Diimbau Sukseskan Pilkada 2024

Peserta Pilkada diharap mengedepankan kebersamaan dan kerukunan.

Red: Muhammad Hafil
Rakernas Rampai Nusantara
Foto: Dok Republika
Rakernas Rampai Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Rampai Nusantara (RN) mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 agar berlangsung damai dan kondusif.

"Kami akan memberikan peran secara aktif untuk memberikan kontribusi nyata terhadap kontestasi Pilkada 2024 agar damai," kata Ketua Umum Rampai Nusantara, Mardiansyah Semar  dalam Rapat Kerja Nasional II RN di Jakarta, Senin (26/8/2024).

Baca Juga

Rampai Nusantara (RN) merupakan salah satu organisasi masyarakat yang diinisiasi oleh para tokoh muda dari berbagai kelompok aktivis dan elemen dengan warna politik dan latar belakang profesi berbeda-beda.

RN didirikan atau dikukuhkan pada 27 Maret 2022. Menurut dia, meski kontestasi politik di Pilkada 2024 berjalan keras, dirinya mengajak semua pihak untuk mengedepankan kebersamaan dan kerukunan.

"Kita sebagai sesama anak bangsa harus bersatu untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera jauh di atas kepentingan kelompok," kata dia.

Ia juga meminta para calon kepala daerah yang akan bertarung dapat mengedepankan persatuan dan kebersamaan.

"Karena bagi kita, memang itu yang paling utama," kata dia menambahkan.

Ia juga menilai putusan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan Nomor 70/PUU-XXII/2024 yang memiliki sifat final kekuatan hukum mengikat (final and binding) sehingga masyarakat tidak perlu terpancing dengan provokasi dan melakukan aksi kekerasan.

"Menurut saya, MK memutuskan itu juga berdasarkan domain yang dimilikinya dan itu harus dihargai," kata dia.

Ia menambahkan pihaknya akan berperan sebagai katalisator untuk meminimalkan benturan dan konflik kepentingan.

Dirinya juga mengajak untuk menjaga semangat kebersamaan dengan baik mengedepankan kepentingan rakyat dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita sebagai generasi penerus memiliki tanggung jawab. Dalam menyongsong masa depan kita harus memiliki pondasi kuat atas dasar nilai kesejahteraan, persatuan, dan semua memiliki peran penting dalam pembangunan tanpa terkecuali," katanya.

Tema Rakernas kedua RN kali ini adalah Bersama Prabowo Gibran Menuju Indonesia Emas 2045. Mardiansyah Semar menjelaskan dalam rakernas  banyak isu-isu yang dibahas selain konsolidasi internal pihaknya juga akan memberikan rekomendasi kepada pemerintahan yang akan datang yakni kepada Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Rampai Nusantara kata dia harus berperan sebagai katalisator untuk meminimalisir benturan konflik kepentingan. Rampai Nusantara siap untuk mengawal pemerintahan Prabowo Gibran agar berlangsung dengan baik.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement