Senin 02 Sep 2024 11:14 WIB

Kenaikan Permukaan Air Laut Ancam Warisan Budaya Dunia

Hampir separuh monumen bersejarah di pesisir berisiko tenggelam.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
(Ilustrasi) Permukaan air laut.
Foto: Freepik
(Ilustrasi) Permukaan air laut.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Penelitian menemukan kenaikan permukaan air laut semakin mengancam lokasi-lokasi situs budaya di Yunani dan Turki. Peneliti menemukan hampir separuh monumen bersejarah di pesisir berisiko tenggelam.

Kekhawatiran perubahan iklim yang mencairkan lapisan es dan memecah gletser akan merusak atau menenggelamkan situs budaya bukan sesuatu yang baru. Penelitian Society for Ancient Coastlines sebelumnya sudah mengidentifikasi ancaman terhadap Pulau Delos.

Laporan terkait mengungkapkan sejumlah lokasi warisan budaya seperti Delos dekat Mykonos sudah mengalami kerusakan akibat banjir. Situs Warisan Budaya UNESCO di Yunani dan Turki sangat terdampak perubahan iklim.

Dikutip dari Greek Reporter, berdasarkan penelitian kota-kota kuno di Yunani mulai dari Knidos dan Kaunos sampai Elaia terancam rusak dan tenggelam. Penelitian yang dipimpin Geosaintis Departemen Perencanaan Tata Kota dan Wilayah University of Dumlupinar Enes Jengin membuat "peta risiko banjir" untuk lima skenario yang berbeda.