Kamis 05 Sep 2024 16:00 WIB

BNPB Gelar Apel Nasional Siaga Bencana Gempa Megathrust

BNPB melakukan serangkaian kegiatan dalam apel nasional ini.

Red: Satria K Yudha
BNPB melaksanakan apel nasional siaga bencana gempa megathrust, Kamis (5/9/2024).
Foto: Tangkapan layar youtube BNPB
BNPB melaksanakan apel nasional siaga bencana gempa megathrust, Kamis (5/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengelar apel nasional siaga bencana gempa bumi megathrust dan hidrometeorologi untuk memperkecil potensi dampak yang ditimbulkan baik korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur. Apel nasional itu dipimpin langsung Kepala BNPB Suharyanto di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Kamis (5/9/2024).

Kegiatan tersebut juga dilangsungkan di empat daerah lainnya yakni, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten. Suharyanto saat memimpin apel yang diikuti secara daring dari Jakarta, mengatakan bahwa isu bencana gempa berskala besar seperti megathrust bukan hal yang baru dan sampai saat ini belum bisa diprediksi oleh ilmu pengetahuan kapan atau di mana akan terjadi.

Baca Juga

Namun berkaca dari sejarah dan diikuti oleh kelengkapan infrastruktur dan ilmu pengetahuan yang ada saat ini, kata dia, bencana itu dapat diprediksi hingga sikap kesiapsiagaan untuk menghadapinya harus dilakukan dan terus digalakkan, tak terkecuali di Kepulauan Mentawai.

Berdasarkan catatan BNPB, Kepulauan Mentawai terakhir pernah diguncang gempa besar yang berkekuatan 7,8 magnitudo dan disertai dengan tsunami pada tahun 2010. Dalam bencana tersebut tercatat ada 286 orang meninggal dunia, 252 orang warga Mentawai dinyatakan hilang dan hingga mengakibatkan perubahan pada bentang alam daerah setempat.

Melalui kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut, BNPB berharap dapat dijadikan sebagai pemicu agar pemerintah, TNI- Polri dan masyarakat terus memiliki sikap kesiapsiagaan. “Kita harus siaga waspada namun tidak perlu takut berlebihan juga karena mau atau tidak mau suka atau tidak suka disamping sumber daya melimpah tapi di sisi lain kita ada di tempat sumber bencana,” ujarnya.  

BNPB melakukan serangkaian kegiatan dalam apel nasional tersebut di antaranya memeriksa kesiapan personel gabungan, logistik peralatan kebencanaan, pertolongan dan evakuasi, kesiapan desa tangguh bencana, hingga simulasi evakuasi mandiri berbasis kemasyarakatan. Khusus di Kepulauan Mentawai, Pemerintah Kabupaten setempat memaparkan daerah itu berada di zona megathrust yang rawan gempa bumi akibat pertemuan lempeng Indo-Australia.

Berdasarkan penelitian para ahli, diperkirakan potensi gempa 8,9 SR dapat terjadi di Barat Daya Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai dan juga berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 20 meter dengan waktu tiba kurang dari 7 menit. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah membentuk desa tangguh bencana di antaranya sebanyak 24 desa di pesisir pantai yang berpotensi terdampak tsunami dan 10 desa di wilayah landaan tsunami.

Desa-desa tangguh bencana tersebut merupakan bagian dari sebanyak 43 desa yang ada di Kepulauan Mentawai dan dihuni 95 ribu jiwa penduduk. Pemerintah daerah pun telah menyiapkan lokasi evakuasi yang salah satunya berada di Desa Tuapejat. Desa berketinggian 65 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu telah memenuhi 12 indikator tsunami ready community yang sudah diverifikasi Internasional.

Indeks risiko bencana di Mentawai pada 2023 sebesar 162,58 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan indeks ketahanan daerah 0,41. Selain itu juga sudah memasang sebanyak lima alat pendeteksi gempa bumi yang tersebar di Siberut, Sipura dan Pagai dan merencanakan pemasangan tambahan 3 alat pemantau ketinggian air laut yang semuanya dilakukan atas dukungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement