Selasa 10 Sep 2024 16:30 WIB

Indonesia Berkomitmen Wujudkan Visi Masa Depan Berkelanjutan

Salah satu tujuan penting dari visi ini adalah mengurangi emisi gas rumah kaca.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Emisi karbon (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Emisi karbon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyatakan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dan pertumbuhan ekonomi melalui perencanaan strategis dan kerja sama internasional.  Dalam acara Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2024, para pemangku kepentingan nasional dan internasional berkumpul untuk mendiskusikan transisi energi dan rencana pembangunan masa depan Indonesia.

Dalam acara tersebut, Rabu (10/9/2024), Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS) Erfan Maksum menekankan tema yang diusung pada tahun 2024, yaitu "Bersatu Menuju Masa Depan Berkelanjutan - Memajukan Transisi Energi untuk Indonesia Emas dan Nol Emisi." 

Tema ini selaras dengan kerangka kerja yang lebih luas dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (2025-2045) yang baru-baru ini disetujui  DPR untuk memandu pertumbuhan sosio-ekonomi bangsa selama dua dekade ke depan.

Maksum menyoroti bahwa visi "Indonesia Emas 2045" adalah untuk menciptakan Indonesia yang bersatu, berdaulat, maju, dan berkelanjutan. Pendekatan pembangunan bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan melalui strategi pembangunan regional.