Selasa 10 Sep 2024 16:24 WIB

Ini Kata Praktisi Kuliner Soal MSG Aman untuk Menambah Kelezatan

MSG telah umum diandalkan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Monosodium Glutamate (MSG).
Foto: ist
Monosodium Glutamate (MSG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Monosodium Glutamate (MSG) sering kali menjadi sorotan dalam diskusi mengenai bahan makanan, terutama terkait keamanannya dan manfaatnya dalam meningkatkan rasa. Praktisi di bidang bisnis kuliner, Leony Susan, menjelaskan mengapa MSG bukan hanya aman tetapi juga merupakan alat yang efektif untuk menjaga kelezatan makanan sekaligus mendukung kesehatan.

"Pertama, sudah ada penilaian keamanan oleh badan kesehatan terpercaya. MSG telah lama digunakan dalam industri makanan dan telah dinyatakan aman oleh berbagai badan kesehatan internasional. Food and Drug Administration (FDA) dan European Food Safety Authority (EFSA) telah mengkonfirmasi bahwa MSG aman untuk dikonsumsi dalam batas yang wajar," kata sosok pemilik Resto Ayam Bengis ini, Selasa (10/9/2024) m

“Kami memastikan bahwa MSG yang kami gunakan di Ayam Bengis mematuhi semua standar keamanan. Ini memberi jaminan kepada pelanggan kami bahwa mereka dapat menikmati makanan kami tanpa khawatir tentang efek kesehatan," kata dia menambahkan.

Journal of Nutrition mencatat bahwa MSG tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan ketika digunakan sesuai pedoman.