Rabu 11 Sep 2024 06:19 WIB

LNK Resmikan Proyek Solar Panel demi Perkuat Energi Bersih

Target bauran EBT Jatim sebesar 6,55 persen, dengan realisasi mencapai 9,96 persen.

Red: Erik Purnama Putra
Pemasangan panel surya di PT Lautan Luas Tbk, Mojokerto, Jawa Timur.
Foto: Republika.co.id
Pemasangan panel surya di PT Lautan Luas Tbk, Mojokerto, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) berkomitmen terhadap bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta mendukung energi bersih di Indonesia. Hal itu ditandai anak perusahaan PT Lautan Luas Tbk, meresmikan pemasangan 1.416 panel surya dengan kapasitas 635 kW di pabriknya yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim).

Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim, Rendy Heerdijanto mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan LNK. Menurut dia, LNK telah menjadi salah satu pelopor di sektor industri dalam penggunaan energi baru terbarukan.

"Inisiatif ini tidak hanya mendukung target pemerintah dalam pengurangan emisi gas rumah kaca, tetapi juga mempercepat langkah Indonesia menuju pencapaian Net Zero Emission pada tahun 2060," kata Rendy di lokasi pabrik, Selasa (10/9/2024).

Rendy menyinggung pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam mengatasi isu perubahan iklim. Menurut dia, kolaborasi seperti itu menjadi kunci dalam upaya serta langkah peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk mencapai transisi energi dan target bauran energi Jatim.