Jumat 13 Sep 2024 17:29 WIB

Suhu Agustus di Turki Lebih Panas 1,3 Derajat Celsius Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Pada tahun-tahun sebelumnya, rata-rata suhu Agustus di Turki 25,1 derajat Celsius.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Suhu panas di Turki (ilustrasi). Rata-rata suhu di Turki pada Agustus mencapai 26,4 derajat Celsius.
Foto: www.freepik.com
Suhu panas di Turki (ilustrasi). Rata-rata suhu di Turki pada Agustus mencapai 26,4 derajat Celsius.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Rata-rata suhu di Turki pada Agustus mencapai 26,4 derajat Celsius. Anga tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 1,3 derajat dibandingkan dengan norma musiman.

Menurut data yang dihimpun Anadolu dari Kementerian Lingkungan Hidup, Urbanisasi, dan Perubahan Iklim, rata-rata suhu Agustus pada periode 1991-2020 adalah 25,1 derajat. Pada Agustus, rata-rata suhu tetap berada di sekitar norma musiman di beberapa provinsi barat seperti Tekirdag dan Kirklareli, serta beberapa bagian wilayah Laut Hitam tengah dan barat. Namun, bagian lain di negara tersebut mengalami suhu di atas normal.

Baca Juga

Suhu terendah yang tercatat di negara tersebut adalah 1,9 derajat Celsius di distrik Kangal, provinsi Sivas, sementara suhu tertinggi mencapai 46,1 derajat Celsius di Distrik Cizre, Provinsi Sirnak. Bulan ini menjadi Agustus terpanas keempat di Turki dalam 53 tahun terakhir.

Di wilayah Marmara, rata-rata suhu mencapai 26,1 derajat Celsius. Tekirdag dan Krklareli mencatat suhu musiman, namun wilayah lain di daerah tersebut mengalami suhu di atas rata-rata. Suhu terendah tercatat 14,3 derajat Celsius di distrik Corlu, Tekirdag, sementara suhu tertinggi mencapai 39,9 derajat Celsius di Provinsi Edirne.