Kamis 19 Sep 2024 13:19 WIB

Uni Eropa Peringatkan Bencana terkait Iklim akan Semakin Rutin

Kebakaran hutan di utara Portugal menewaskan sedikitnya enam orang.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
Prancis mengalami kebakaran hutan hebat seiring dengan kekeringan dan gelombang panas yang melanda banyak tempat di Benua Eropa.
Foto: AP/Philippe Lopez/Pool AFP
Prancis mengalami kebakaran hutan hebat seiring dengan kekeringan dan gelombang panas yang melanda banyak tempat di Benua Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa mengatakan banjir besar yang melanda sebagian besar Eropa Tengah dan kebakaran hutan mematikan di Portugal merupakan bukti nyata dari kerusakan iklim. Uni Eropa menambahkan bencana-bencana ini akan semakin sering terjadi bila tidak ada tindakan drastis yang diambil.  

"Jangan salah paham, tragedi ini bukan anomali, dengan cepat ini akan menjadi norma di masa depan kita bersama," kata Komisioner Manajemen Krisis Uni Eropa Janez Lenarcic, Rabu (18/9/2024).

Pada Selasa (17/9/2024), sebagian besar Eropa Tengah terendam banjir yang merenggut nyawa dan menghancurkan rumah-rumah. Di ujung blok 27 negara anggota, kebakaran hutan di utara Portugal menewaskan sedikitnya enam orang.

"Eropa merupakan benua yang paling cepat menghangat dan paling rentan pada peristiwa cuaca ekstrem seperti yang sedang kami diskusikan, kami tidak bisa kembali untuk ke masa lalu yang lebih aman," kata Lenarcic pada anggota parlemen Uni Eropa di Strasbourg, Prancis.