Senin 23 Sep 2024 21:35 WIB

NDC Lebih dari Sekadar Janji

Negara harus menetapkan target pengurangan emisi.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Suasana Monas yang tertutup polusi di Jakarta, Jumat (21/6/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Suasana Monas yang tertutup polusi di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional atau Nationally Determined Contributions (NDC) adalah komitmen resmi yang dibuat setiap negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengatasi dampak perubahan iklim. NDC dianggap kuat jika terperinci, ambisius, dan kredibel.

Negara harus menetapkan target pengurangan emisi untuk sektor-sektor utama yang menghasilkan polusi, seperti energi dan transportasi ke dalam NDC-nya. Negara juga harus menyesuaikan kebijakan nasional yang mungkin menghambat kemajuan dalam transisi ke energi bersih, seperti subsidi bahan bakar fosil.

Baca Juga

Suatu negara juga harus memasukan rencana tentang bagaimana mereka akan memantau kemajuan menuju janji-janji NDC-nya. NDC juga mencakup rencana suatu negara untuk beradaptasi dengan kondisi dunia yang lebih hangat dan menjaga keselamatan masyarakat dari peningkatan banjir, gelombang panas, dan ekstrem cuaca lainnya.

NDC memerinxi proyek-proyek yang akan diluncurkan, atau rencana untuk menciptakan lapangan kerja di industri teknologi bersih. Hal ini juga dapat mencakup rencana untuk tindakan kesehatan masyarakat di tengah meningkatnya suhu.