Sabtu 19 Oct 2024 14:20 WIB

Pemprov Jakarta Ingin Pelantikan Presiden Berlangsung Meriah

Pemprov Jakarta memastikan kesiapan menjelang pelantikan presiden RI 2024-20

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hasanul Rizqa
Spanduk terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Spanduk terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta memastikan kesiapan teknis menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan, pihaknya selaku tuan rumah berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Sejak Jumat (18/10/2024), Pemprov Jakarta terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk yang berkaitan dengan kesiapan situasi di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Kawasan tersebut akan menjadi pusat konsentrasi massa pada saat hari pelantikan presiden dan wakil presiden RI, yakni pada Ahad (20/10/2024) nanti. Menurut Agus Setyono, pihaknya juga siap menyambut kedatangan sejumlah pemimpin negara-negara sahabat dan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga

"Kami melakukan peninjauan guna memastikan kesiapan hotel-hotel di kawasan ini (Bundaran Hotel Indonesia) bisa menjadi tempat penginapan para tamu negara. Di samping itu, Pemprov Jakarta berupaya menghadirkan suasana hospitality dan kesan yang bagus bagi tamu negara," kata Agus Setyono dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024).

Sekda menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jakarta untuk mematangkan persiapan teknis. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga ketertiban dan keamanan saat proses pelantikan berlangsung.

"Selain memastikan para tamu negara terfasilitasi, kami juga tengah menyiapkan kegiatan yang melibatkan masyarakat," kata dia.

Ia mengungkapkan, Pemprov Jakarta mendapatkan arahan dari pemerintah pusat untuk membuat segala kegiatan saat pelantikan berjalan meriah. Kegiatan itu diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, khususnya warga Jakarta.

"Arahan yang kami terima, kemeriahan pelantikan ini harus bisa dirasakan oleh warga, khususnya di Jakarta. Jadi nanti bakal ada panggung hiburan serta pesta rakyat," ujar dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan peninjauan ke sejumlah titik kegiatan pesta rakyat digelar. Ia menyebutkan, nantinya akan ada titik-titik videotron yang menayangkan secara langsung (live streaming) prosesi pelantikan presiden, yakni mulai dari keberangkatan hingga pelepasan Joko Widodo selaku presiden RI 2019-2024.

Menurut dia, akan ada 13 titik panggung hiburan yang tersebar di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. Adapun hotel yang telah dipersiapkan untuk menyambut para tamu negara ialah Hotel Mandarin Oriental di kawasan Bundaran HI serta Hotel Fairmont di Senayan.

Agus Setyono mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan ribuan jajarannya untuk melakukan pengamanan saat kegiatan berlangsung. Ia menyebutkan, akan ada 1.700 personel Satpol PP Provinsi Jakarta dan 1.000 personel Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk mengamankan proses pelantikan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement