Sabtu 19 Oct 2024 23:54 WIB

Jokowi Sempatkan Kunjungi CHADS saat Kunjungan ke Doloksanggul

Jokowi meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian.

Presiden Jokowi pada Rabu (16/10/2024), berkesempatan mengunjungi CHADS
Foto: BPMI
Presiden Jokowi pada Rabu (16/10/2024), berkesempatan mengunjungi CHADS

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Presiden Jokowi pada Rabu (16/10/2024), berkesempatan mengunjungi CHADS atau Coffee Hotel Ayola Dolok di sela kunjungan kenegaraan ke Humbang, Hasundutan, Doloksanggul, Sumatra Utara (Sumut).

Kunjungan Jokowi ke Humbang Hasundutan bertujuan untuk meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian yang terletak di Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2), Kecamatan Pollung. 

Baca Juga

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Menko Marves, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, yang sehari sebelumnya, 15 Oktober 2024, telah menandatangani prasasti peresmian CHADS. 

Beberapa pejabat tinggi lainnya juga hadir dalam rombongan Presiden adalah Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian;

Pendiri CHADS, Dumasi MM Samosir, bersama ibundanya, Hideko Tianggur Marinthan Simatupang Togatorop, serta Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, menyambut suka cita rombongan Presiden yang bersantap siang di CHADS, pada Rabu (16/10/2024).

Suasana semakin hangat ketika seluruh karyawan CHADS turut menyambut kedatangan Presiden dengan mengenakan kaos bertuliskan “We LOVE you Pak JOKOWI”, sebagai bentuk kebahagiaan dan penghormatan keluarga besar CHADS atas kehadiran Presiden Jokowi di CHADS.

Salah satu misi utama berdirinya CHADS adalah mendukung program pemerintah dalam mengembangkan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas. "Kami berharap CHADS dapat berperan dalam meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan, yang akan berdampak positif bagi perekonomian lokal serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ujar Direktur Utama CHADS Michael Junjungan Yobel Akasi Wongso dalam keterangan pers, Sabtu (19/10/2024).

Letak strategis CHADS, hanya 35 menit dari Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit, menjadikannya sebagai hub penting bagi perjalanan ke berbagai wilayah sekitar Danau Toba.

CHADS memiliki motto “Where Every Stay Feels Like Coming Home” menganut konsep resort menawarkan 94 kamar dengan empat tipe berbeda, serta restoran Sopotta yang menyajikan hidangan Nusantara dan khas Tanah Batak. 

Pendiri CHADS, Dumasi MM Samosir juga memperkenalkan Presiden Jokowi pada ikon CHADS, yakni Tataring ni Uma—perapian ikonik dengan cerobomg raksasa yang terletak di lobby PARTOGI, menggambarkan kehangatan khas Dolok Sanggul yang dikenal akan cuaca dinginnya.

Selain itu, CHADS memiliki Junjungan Ballroom berkapasitas hingga 350 orang, dilengkapi fasilitas modern untuk berbagai acara. 

Dua ruang pertemuan lainnya berkapasitas 20-30 orang, serta Lisoi Sky Bar, yang menawarkan pengalaman bersantai sambil menikmati kopi khas Humbang Hasundutan dengan panorama indah. Tersedia juga fasilitas kolam renang Tambok Parlangean, serta kebun bunga dan buah-buahan yang mendukung konsep "From Farm to Table" untuk dapur hotel.

CHADS juga berbangga dengan keberadaan tiga bangunan tradisional Batak berusia lebih dari 130 tahun, yaitu Sopo Bolon Si Sapang Na Ualu, Sopo Parrapotan, dan Ruma Batak, yang menjadi simbol pelestarian budaya dan fasilitas acara terkait kebudayaan.

Menurutnya, kehadiran Presiden Jokowi di CHADS adalah momen istimewa yang sangat emosional. Momen itu merupakan kehormatan besar.

“Kehadiran CHADS terinspirasi oleh program pengembangan destinasi super prioritas yang digagas oleh Bapak Presiden. Kami mendirikan CHADS sebagai wujud sumbangsih untuk mendukung program tersebut," ungkap Dumasi.

 

Kehadiran Presiden Jokowi di CHADS, beberapa hari menjelang akhir masa jabatannya, menambah kebahagiaan dan kebanggaan bagi keluarga Samosir dan seluruh masyarakat Humbang Hasundutan. 

"Kami berdoa agar Bapak Presiden selalu sehat dan terus menginspirasi banyak orang, bahkan setelah masa tugasnya berakhir," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement