Senin 28 Oct 2024 08:00 WIB

Mari Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa ke-10 yang diakui sebagai bahasa resmi UNESCO.

ILUSTRASI Bahasa Indonesia
Foto: dok wiki
ILUSTRASI Bahasa Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Andre Notohamijoyo*)

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober merupakan penghargaan terhadap sejarah emas semangat persatuan dan kebangsaan pemuda Indonesia. Berdasarkan catatan sejarah, pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta), para pemuda dari berbagai organisasi menyelenggarakan kongres untuk memperkuat semangat persatuan dan kebangsaan dan menyampaikan kesepakatan untuk bertumpah darah, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia yang disebut Sumpah Pemuda. Kesepakatan dari seluruh organisasi pemuda yaitu Jong Java, Jong Soematra, Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI) menjadi momentum yang sangat penting sebagai landasan kesatuan seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan negara Indonesia. Di dalam penutupan Kongres, lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan oleh Wage Rudolf Supratman melalui alunan biola yang menggetarkan seluruh peserta kongres.  

Baca Juga

Sejak Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia terus berkembang sebagai bahasa pemersatu hingga saat ini. Sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa (mega cultural diversity), bahasa Indonesia juga memliki peran strategis dalam memperkuat pelestarian kebudayaan nasional. 

Sejarah bahasa Indonesia berasal dari rumpun bahasa Melayu yang telah lama menjadi lingua franca atau bahasa penghubung di Nusantara. Salah satu tokoh yang sangat berperan besar dalam pengembangan Bahasa Melayu adalah Raja Ali Haji, seorang penyair Melayu yang terkenal dengan karyanya Gurindam Dua Belas. Beliau dilahirkan pada tahun 1808 di pusat Kesultanan Riau-Lingga di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau. Karya monumental tersebut bercirikan sastra Islam dan Melayu. 

Saat ini sastra Melayu terus berkembang dan populer melalui seni pantun. Seni pantun populer digunakan dalam berbagai acara formal maupun informal di Indonesia. Salah satu maskapai penerbangan nasional bahkan menyajikan pantun sebagai sambutan bagi para penumpang. Fenomena pantun ini sangat menggembirakan sebagai bentuk pemajuan dan pelestarian pantun sebagai budaya nasional. Tradisi Pantun sendiri telah ditetapkan sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020. Indonesia mengajukan nominasi pantun kepada UNESCO bersama deng4an negara tetangga Malaysia.

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia terus berupaya memperkuat Bahasa Indonesia tidak hanya sebagai bahasa pemersatu bangsa namun juga bahasa perdamaian dunia. Tahun 2023 Pemerintah Republik Indonesia mengusulkan bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa resmi pada General Conference (Sidang Umum) ke-42 UNESCO di Markas Besar UNESCO, Paris, Prancis. Bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa ke-10 yang diakui sebagai bahasa resmi UNESCO dengan diadopsinya Resolusi 42 C/28 secara konsensus dalam sidang umum tersebut. Bahasa Indonesia bersanding dengan bahasa resmi UNESCO lainnya yaitu bahasa Inggris, Prancis, Arab, China, Rusia,, Spanyol, Hindi, Italia dan Portugis. 

Upaya Pemerintah tersebut merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaaan. Amanat dari UU adalah Pemerintah harus meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional secara bertahap, sistematis, dan berkelanjutan. Di sisi lain, upaya tersebut merupakan sebuah langkah de jure agar bahasa Indonesia mendapat status bahasa resmi pada sebuah lembaga internasional.

Saat ini bahasa Indonesia menghadapi tantangan tidak mudah terkait ekspansi budaya negara lain yang sangat luar biasa. Berbagai negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, China dan negara-negara Eropa sangat gencar mendorong ekspansi budaya melalui berbagai strategi kreatif. Ekspansi budaya tersebut juga beriringan dengan upaya mempopulerkan bahasa masing-masing negara tersebut. Korea Selatan menjadi salah satu contoh ekspansi budaya teintegrasi yang disebut Hallyu Korean Wave. 

Negara ginseng tersebut berhasil menciptakan fenomena global konsumsi produk Korea yang terintegrasi dengan jasa hiburan seperti K-Pop, K-Drama dan Game. Upaya tersebut menciptakan fenomena lainnya berupa penguatan bahasa Korea di dunia internasional termasuk Indonesia. Saat ini generasi muda (Gen Z dan Gen Alpha) di Indonesia mulai fasih dengan bahasa Korea untuk menyebut musik, film, masakan hingga tradisi Korea dalam kehidupan sehari-hari. Ini menjadi pelajaran sekaligus peringatan bagi Indonesia. 

Pemerintah perlu terus memperkuat bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional maupun internasional melalui strategi kebudayaan yang terintegrasi dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk diaspora di luar negeri. Strategi kebudayaan tersebut harus selaras dengan amanat Undang-Undang No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Diharapkan di masa mendatang bahasa Indonesia tidak hanya menjadi bahasa pemersatu bangsa namun juga menjadi bahasa perdamaian dunia.  

*) Penulis adalah Pemerhati Kebudayaan/Anggota ILUNI FIA UI  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement