REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai platform hiburan, tetapi juga sebagai sarana edukasi, promosi, dan ekspresi diri yang efektif. Riset yang dilakukan Indonesia Indicator (I2) dengan menggunakan sistem Intelligence Socio Analytic (ISA) mencatat, total postingan netizen Indonesia sepanjang 1 Januari hingga 21 Desember 2024 pada lima platform media sosial utama mencapai 353.828.143.
’’Tren menunjukkan bahwa mayoritas unggahan memiliki sentimen netral dan positif, sementara sentimen negatif mencatat 28% dari total postingan. Platform Twitter menjadi penyumbang terbesar postingan dengan 39% unggahan bernada negatif, meskipun tidak semua unggahan mendapat tanggapan luas,’’ ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) saat menyampaikan hasil riset bertajuk ”Tren Media Sosial di Indonesia”, Senin (29/12/2024).
Berbeda dengan Twitter, Instagram dan TikTok menunjukkan karakteristik yang lebih optimistis dengan dominasi sentimen netral dan positif, mencatatkan tingkat sentimen negatif yang jauh lebih rendah, hanya berkisar 8-9%. "Analisis emosional menunjukkan bahwa Anticipation (antisipasi), Trust (kepercayaan), dan Joy (kebahagiaan) menjadi emosi yang paling banyak terekspresikan di media sosial tahun ini. Hal ini juga menegaskan peran media sosial sebagai ruang berbagi informasi, harapan, dan pengalaman dalam suasana kebersamaan," jelas Rustika.
Riset Indonesia Indicator (I2) menunjukkan TikTok menjadi platform media sosial (medsos) paling populer dan paling banyak ditanggapi netizen di sepanjang 2024. Dari kelima platform media sosial yang diteliti, Tiktok merupakan platform dengan tanggapan (engagement) tertinggi. Menurut Rustika, total postingan netizen melalui TikTok mencapai 107.998.788 dengan 17.329.380.404 tanggapan. Popularitas TikTok, kata Rustika didorong oleh kemampuannya menghadirkan konten yang ringan, ekspresif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
"Demokratisasi konten viral di TikTok, di mana setiap pengguna memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai popularitas, menjadi daya tarik utama platform ini," papar Rustika. Hal ini tecermin dari waktu penggunaan rata-rata bulanan tertinggi yang mencapai 38 jam 26 menit per pengguna. Edukasi, hiburan, kehidupan sehari-hari, kuliner, kecantikan dan fashion serta kesehatan dan kesejahteraan menjadi konten yang populer pada platform TikTok.