REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menggulirkan tiga program yang menjadi pilar utama dalam melayani para nasabah pensiunan. Department Head Retention Management Bank Mandiri Taspen, Agy Ramdhan menjelaskan, Tiga Pilar Mantap Indonesia tersebut sejalan dengan visi dan misi memberdayakan dan menyejahterakan nasabah.
"Ketiganya akan terus menopang kinerja Bank Mandiri Taspen dalam melayani nasabah," ujar Agy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (10/1/2025).
Pilar pertama, ucap Agy, Program Mantap Sehat dengan implementasi memberikan layanan kepada para pensiunan di Bank Mandiri Taspen seluruh kantor cabang yang tujuannya meningkatkan kesehatan para nasabah tersebut. Agy menyampaikan saat ini Bank Mandiri Taspen sudah memberikan program layanan kesehatan tanpa pungutan biaya di 165 unit.
Di unit-unit tersebut ada dokter dan perawat yang akan melayani nasabah menjalani cek kesehatan. Setelah itu, kata Agy, nasabah akan mendapatkan obat dan vitamin.
"Kami juga rutin setiap bulan mengadakan kegiatan seperti senam sehat, selain itu seminar yang sifatnya online. Ada juga yang pelaksanaannya langsung atau offline. Kenapa ada Mantap Sehat? Karena kita melihat pensiunan punya beberapa kebutuhan, salah satunya kesehatan,” ucap Agy
Agy menyampaikan salah satu turunan dari Mantap Sehat adalah program tahunan Mantap Melihat. Mantap Melihat merupakan operasi katarak bagi para pensiunan nasabah Bank Mandiri Taspen yang sepenuhnya dibiayai Bank Mandiri Taspen.
"Animo nasabah terhadap program ini pun bagus. Kami sudah menjalankannya di sejumah kota di antaranya Jakarta dan Surabaya, animonya bagus. Pertama di Jakarta ada 100, kemudian di Surabaya juga 100, Medan ada 100, dan Makasar 100, jadi total ada 400 orang yang mengikuti program Mantap Melihat,” lanjut Agy.
Program kedua, kata Agy, adalah Mantap Aktif. Pada saat memasuki masa purnabakti, aktivitas nasabah akan berkurang. Normalnya, kata Agy, mereka biasa pergi kerja jam 8 dan pulang pukul 5 sore. Setelah pensiun, aktivitas tersebut menjadi berkurang.
"Nah, Mantap Aktif memiliki kegiatan ringan seperti kumpul-kumpul, pengajian, lomba 17 Agustus. Untuk itu, kita sediakan konsumsi. Ada kunjungan ke Panti Wreda, atau ke Taman Makam Pahlawan agar pensiunan ini tetap aktif berkomunikasi. Tujuannya agar nasabah kami tetap aktif,” sambung Agy.
Program ketiga adalah Mantap Sejahtera. Saat memasuki masa pensiun, lanjutnya, gaji bulanan yang diterima pensiunan menurun, sesuai dengan undang-undang.
Agy menyampaikan perusahaan mengajak nasabah mengikuti program kewirausahaan melalui Mantap Sejahtera. Agy mengajak perusahaan juga bekerja sama dengan para provider, seperti Indomaret grup, outlet Mitra Indogrosir.