Kamis 01 Apr 2010 02:49 WIB

Nurdin Halid: Merosotnya Prestasi Timnas Bukan Ukuran Kegagalan

Rep: Asan Haji/Israr/ Red: Endro Yuwanto
Nurdin Halid
Nurdin Halid

MALANG--Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, menegaskan bahwa prestasi tim nasional (timnas) Indonesia dalam kancah persepakbolaan internasional bukan satu-satunya ukuran kegagalan PSSI. Penegasan tersebut disampaikan Nurdin usai mengikuti Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) di Malang, Rabu (31/3).

‘’Kalau ada pihak yang menilai bahwa PSSI gagal mengelola persepakbolaan di Indonesia, itu indikasinya apa. Kalau ukurannya karena prestasi timnas yang jelek di kancah persepakbolaan internasional, jelas itu tidak fair,’’ ujar Nurdin.

Nurdin berpendapat, kegagalan timnas mengukir prestasi itu bukan satu-satunya indikator yang bisa dijadikan ukuran. Apalagi, sampai diarahkan agar Ketua Umum PSSI harus diturunkan. Dia mengatakan bahwa penilaian semacam itu salah besar. Mantan Ketua INKUD ini memberikan bukti kegagalan-kegagalan timnas negara lain. Misalnya, Belanda, Amerika Serikat, dan Inggris.

Menurut Nurdin, Inggris selalu gagal mengukir prestasi di piala dunia. ''Apakah itu karena PSSI-nya Inggris yang  gagal mengelola dengan baik persepakbolaan di sana. Kan tidak? Begitu juga dengan yang terjadi di Indonesia,'' kilahnya.

Oleh karena itu, Nurdin sangat keberatan jika kegagalan timnas Indonesia di kancah persepakbolaan internasional dijadikan tanggungjawab sepenuhnya pada PSSI. Sebab, apa yang dialami PSSI di Indonesia juga dialami di negara lain.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Bali United Bali United 8 5 2 1 13 7 17
2 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 8 5 2 1 7 3 17
3 Persib Bandung Persib Bandung 8 4 4 0 15 8 16
4 PSM Makassar PSM Makassar 8 4 3 1 11 7 15
5 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 8 4 3 1 12 6 15
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement