Ahad 09 May 2010 05:36 WIB

OKI: Fobia Islam di Eropa di Ambang Mengkhawatirkan

ilustrasi
Foto: undhimmi.com
ilustrasi

WINA--Pimpinan Organisasi Konferensi Islam (OKI), Ekmeleddin Ihsanoglu, memperingatkan meningkatnya Islamophobia di Eropa. Menurutnya, fobia terhadap Islam itu berpotensi menimbulkan "benturan" antara Muslim dan masyarakat di Eropa.

Masalah intoleransi terhadap Muslim, katanya, telah "berkembang menjadi akut" di Eropa. Ia menyatakan hal itu dalam pertemuan dengan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di kantor pusatnya di Wina.

Fenomena ini merupakan penghinaan untuk hak asasi manusia dan martabat umat Islam. "Peningkatan kebencian dan intoleransi adalah ancaman paling parah di antara stabilitas dan perdamaian dan tantangan serius bagi keamanan," ujarnya dihadapan Dewan Tetap OSCE.

Ihsanoglu menunjuk tumbuhnya dukungan bagi partai-partai ekstrem kanan "dengan sepenuhnya dimengerti sebagai bentuk keengganan mereka terhadap Islam".

"Mereka mengambil ajaran-ajaran Islam benar-benar keluar dari konteks dan memanipulasi pemikiran orang Eropa melalui gambaran menyimpang dan negatif tentang Islam dan Muslim," katanya.

OKI, yang didirikan pada tahun 1969, adalah organisasi antar pemerintah terbesar kedua setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan 57 anggota dan mandat untuk mencerminkan suara kolektif dunia Islam.

sumber : Orange.co.uk
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement