Kamis 20 May 2010 05:20 WIB

Uji Coba Penerbangan ke Planet Mars Disiapkan

Red: Siwi Tri Puji B
>
Foto: >
>

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Enam orang dari Rusia, Eropa, dan Cina sedang mempersiapkan untuk menghabiskan 520 hari bersama dalam sebuah alat terisolasi sebagai bagian dari simulasi perjalanan ke Planet Mars. Tujuannya, adalah untuk mengukur seberapa lama isolasi itu mempengaruhi manusia.

Mulai tanggal 3 Juni, tiga ilmuwan Rusia, seorang Italia-Kolombia, seorang Prancis, dan seorang pria Cina akan dikurung dalam set kompartemen sempit berlabel  Mars500 yang disimulasikan sebagai penerbangan menuju Planet Mars. Mereka akan berada di kompartemen itu hingga  November 2011.

"Penerbangan ke Planet Mars diperkirakan memakan waktu selama 520 hari," kata Martin Zell, kepala percobaan European Space Agency (ESA) kepada Reuters. "Saya pikir ketika berbicara tentang misi manusia ke Planet Merah, mungkin akan terwujud dalam 20 atau 30 tahun lagi," kata Zell, yang juga bertanggung jawab atas misi angkasa luar International Space Station (ISS) yang menelan anggaran 100 miliar dolar AS.

Enam orang ini akan berbagi ruangan masing-masing tiga meter persegi dalam fasilitas yang dimiliki Institute of Biomedical Problems di Moskow. Mereka akan masjuk dalam alat itu tujuh hari seminggu dengan libur dua hari, kecuali saat khusus dan situasi darurat yang disimulasikan.