Jumat 21 May 2010 04:13 WIB

Presiden Beri Tujuh Instruksi pada Menkeu Baru

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan tujuh instruksi kepada Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, dan Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati, antara lain menyusun kebijakan fiskal yang hati-hati. "Pertama, susunlah kebijakan fiskal yang 'prudent' (hati-hati) dan tepat," kata Kepala Negara di Istana Negara, Kamis sore, seusai melantik menkeu dan wakil menkeu.

Presiden menjelaskan, diperlukan kebijakan fiskal yang tepat agar APBN yang telah mencapai lebih dari Rp1.000 triliun dapat tepat sasaran dan efektif. Kedua, lanjut Presiden, tingkatkan pendapatan dalam negeri baik melalui pajak maupun non pajak dengan cara menerapkan kebijakan dan pengawasan yang tepat.

Kemudian saran ketiga dan keempat adalah meneruskan reformasi perpajakan dan bea cukai dengan cara meningkatkan penerimaan dan mencegah penyimpangan. "Kelima, mengembangkan kebijakan desentralisasi fiskal yang lebih luas," ujar presiden.

Selanjutnya adalah meningkatkan kualitas pertanggungjawaban keuangan karena setiap aset negara harus dapat dipertanggungjawabkan. Terakhir, kata Presiden, meneruskan peranan Indonesia di forum-forum internasional baik G-20, APEC, ASEAN, maupun kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan dunia.

Ia juga berpesan jika ada permasalahan maka diharapkan disampaikan kepada Presiden untuk kemudian dibahas bersama. Pada kesempatan itu Presiden Yudhoyono juga menyampaikan ucapan terimakasihnya atas pengabdian Sri Mulyani Indrawati sebagai Menkeu. Agus Martowardojo menggantikan Sri Mulyani yang mulai Juni 2010 bertugas di Bank Dunia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement