Ahad 30 May 2010 00:00 WIB

Iklan Anti-Islam Hiasi Bus di New York, Apa Maksudnya?

Rep: ferry kisihandi/ Red: irf
Iklan Anti-Islam
Foto: AP
Iklan Anti-Islam

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Sebuah iklan berbunyi, Leaving Islam? Fatwa on your head? Is your family threatening you? terpasang pada badan 30 bus kota di New York. Seorang aktivis konservatif, Pamella Geller, dan sejumlah organisasi yang dipimpinnya, mengeluarkan beberapa ribu dolar AS agar iklan itu tetap menempel pada badan bus selama sebulan.

Iklan ini mengacu ajakan pada sebuah laman, RefugefromIslam.com, yang memberikan informasi kepada mereka yang berkeinginan menanggalkan keyakinan Islamnya. Sejumlah Muslim menilai, iklan ini merupakan sebuah selubung untuk menutupi agenda anti-Islam yang mereka usung.

Geller yang juga memimpin sebuah organisasi bernama Stop Islamization of America, berkilah, iklan itu tak bermaksud menawarkan bantuan bagi Muslim yang takut melepas keyakinannya. "Ini tak menyerang Islam. Ini adalah kebebasan beragama," katanya seperti dikutip Associated Press (AP), Rabu (26/5).

Ia pun mengelak jika iklan itu menargetkan Muslim yang selama ini menjalankan ajaran agamanya. Sebab, menurut dia, dalam iklan itu disebutkan kata meninggalkan menggunakan tanda kutip. Ia menambahkan, dirinya mengeluarkan biaya sebesar delapan ribu dolar AS. Iklan yang sama juga dipasang di Miami dan akan dilakukan di sejumlah kota lainnya.