Rabu 02 Jun 2010 06:40 WIB

Ketua LPSK Temui Kapolri

Rep: C01/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bertemu dengan Kapolri Jendral Pol Bambang Hendarso Danuri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/6).

Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai membenarkan sudah melakukan pertemuan tersebut. "Kami akan menjelaskan hasil pertemuan dengan Kapolri, ada beberapa poin."ujar Semendawai saat dihubungi wartawan, Selasa (1/6) malam.

Semendawai menolak untuk menjelaskan detil tentang hasil pertemuan tersebut. Menurutnya, penjelasan hasil pertemuan akan dijelaskan di kantor LPSK, Jl.Tugu Proklamasi, Jakarta, pada Rabu (2/6) besok.

Meski demikian, Semendawai memberi bocoran. Ia membenarkan bahwa salah satu poin yang dibicarakan pada hari ini dengan Kapolri adalah soal pemindahan mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji dari Rutan Mako Brimob Polri, Kelapa Dua Depok. Hanya, Semendawai sendiri menolak menyatakan apakah Polri setuju atau tidak atas pemindahan tersebut.

Pemindahan Susno sendiri sebelumnya sempat dibicarakan antara LPSK dengan Susno Duadji pada Rabu (26/5). Ketika itu, Susno dinyatakan memenuhi persyaratan LPSK sebagai saksi yang dapat dilindungi sesuai dengan UU. tentang Perlindungan Saksi dan Korban No.13 Tahun 2006.

Namun, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Edward Aritonang sendiri menilai yang berwewenang memindahkan tahanan itu adalah penyidik. Menurut Edward, hingga saat ini penyidik menganggap tidak perlu memindahkan Susno ke luar Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Edward pun menilai saat ini kapasitas Susno sendiri adalah sebagai tersangka terlebih dahulu. Menurut Edward dalam UU 13 /2006 Pasal 10 ayat (b), apabila saksi terkait dengan apa yang dia sampaikan juga terlibat sebagai tersangka dalam kasus itu maka tidak bisa dihambat tindakan kepada yang bersangkutan

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلِيَعْلَمَ الَّذِيْنَ نَافَقُوْا ۖوَقِيْلَ لَهُمْ تَعَالَوْا قَاتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ اَوِ ادْفَعُوْا ۗ قَالُوْا لَوْ نَعْلَمُ قِتَالًا لَّاتَّبَعْنٰكُمْ ۗ هُمْ لِلْكُفْرِ يَوْمَىِٕذٍ اَقْرَبُ مِنْهُمْ لِلْاِيْمَانِ ۚ يَقُوْلُوْنَ بِاَفْوَاهِهِمْ مَّا لَيْسَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا يَكْتُمُوْنَۚ
Dan untuk menguji orang-orang yang munafik, kepada mereka dikatakan, “Marilah berperang di jalan Allah atau pertahankanlah (dirimu).” Mereka berkata, “Sekiranya kami mengetahui (bagaimana cara) berperang, tentulah kami mengikuti kamu.” Mereka pada hari itu lebih dekat kepada kekafiran dari pada keimanan. Mereka mengatakan dengan mulutnya apa yang tidak sesuai dengan isi hatinya. Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan.

(QS. Ali 'Imran ayat 167)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement