Selasa 27 Jul 2010 02:04 WIB

Putin Puji si Mata-mata, Anna Chapman, Seperti 'Bond Girl'

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Anna Chapman
Anna Chapman

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin menyanyikan lagu-lagu patriotik era Soveiet sebagai sambutan atas kedatangan 9 agen termasuk Anna Chapman ke Moscow baru-baru ini. Putin yang juga mantan agen KGB, dinas rahasia era Soviet sekaligus mantan direktur FSB, badan intelijen tertinggi Rusia, menyambut mereka bak pahlawan yang pulang dari perang.

Putin bahkan meminta Chapman secara khusus untuk menyanyikan lagu patriotik tersebut bersamanya. "Saya bertemu mereka. Kami banyak berbicara tentang kehidupan dan kami segera bernyanyi," ungkap sosok nomor satu di Kremlin ini.

Putin secara terang-terangan memuji Chapman. Menurut dia, Chapman merupakan gadis Bond (tokoh fiksi James Bond, agen dinas rahasia Inggris dalam novel karya Ian Fleming ) yang sangat ideal.

Putin juga menyalahkan agen Rusia yang berkhianat hingga membuat penyamaran 9 orang agen rusia terkuak. Agen tersebut diketahui bernama Sergei Tetyakov yang membelot ke AS pada tahun 2000. Selanjutnya, Tetyakov ditemukan meninggal karena serangan jantung pada Juni lalu.